Peringati HKN, Tokopedia Ungkap 3 Pelaku Usaha Sektor Kesehatan yang Sukses Naikkan Penjualan
Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November disambut meriah. Sebagai salah satu e-commerce, Tokopedia turut mengambil peran dalam mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan sekaligus membantu pelaku usaha di bidang kesehatan untuk meningkatkan bisnisnya.
Pada tahun ini, Tokopedia membagikan tren belanja paling laris pada kategori produk kesehatan sepanjang kuartal ketiga 2023. Terlebih lagi, pada periode ini produk kesehatan terpantau mengalami kenaikan.
Head of Communications Tokopedia (GoTo E-commerce), Aditia Grasio Nelwan, menyampaikan, "Sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual produk kesehatan, yaitu Maluku Utara, Jambi, dan Sulawesi Tenggara, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat. Selain itu, beberapa produk kesehatan paling laris di Tokopedia, antara lain multivitamin, perlengkapan medis (seperti alat bantu pernapasan dan alat laboratorium), dan obat-obatan dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 11 kali lipat."
Baca Juga: Kuatkan Literasi Keuangan, PT KB Insurance Indonesia Hadirkan Program CSR
Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi, mengatakan, “Untuk membantu pelaku bisnis di bidang kesehatan memaksimalkan potensi e-commerce, Tokopedia menghadirkan solusi pemasaran menyeluruh, Tokopedia Marketing Solutions. Lewat Tokopedia Marketing Solutions, pelaku usaha dari berbagai skala dan bidang, termasuk kesehatan, bisa menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang saat ini tersebar di 99% kecamatan di Indonesia dengan hadir di seluruh consumer purchase journey. Mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, atau dari media sosial.”
Sejumlah pelaku bisnis di bidang kesehatan yang memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions dan mengalami peningkatan bisnis, contohnya OMRON Healthcare, Sido Muncul, dan Kimia Farma Apotek (KFA). Bahkan, KFA berhasil mengalami peningkatan pendapatan sebesar 19 kali lipat. Keberhasilan itu tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan mengeksplorasi seluruh fitur promosi yang ada di Tokopedia.
Baca Juga: Indonesia Patut Berbangga, Banyak Negara Kepincut Pelajari Program JKN BPJS Kesehatan
Sebagai perusahaan dengan jaringan apotek terbesar dan penyedia layanan kesehatan terkemuka, KFA terus berinovasi seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang mengkombinasikan online dan offline. KFA kini memiliki Official Store di Tokopedia dengan total 4.500 SKU, melengkapi 1800 jaringan outlet fisik yang meliputi apotek, klinik, hingga vending machines.
“Sebagai perintis layanan farmasi di Indonesia, kami menyadari betapa pentingnya orientasi pada pelanggan dan memperluas point of sales di berbagai saluran seperti digital maupun physical store. Kerja sama kami dengan Tokopedia Marketing Solutions telah memainkan peran kunci dalam mendorong perjalanan digital kami. Dengan peningkatan luar biasa sebanyak 19 kali lipat dalam penjualan e-commerce, Tokopedia telah mendukung kami untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin pelayanan kesehatan di ranah digital,” kata Agus Chandra, Direktur Utama KFA.
Ada pula, OMRON Healthcare, produsen alat kesehatan berteknologi tinggi. Perusahaan ini aktif mengikuti kampanye Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja (WIB), dan memaksimalkannya dengan Tokopedia Marketing Solutions.
Baca Juga: Membebaskan Akses Kesehatan: Relawan Asandra Gelar Pengobatan Gratis di Kota Batu
OTC & EC Sales Manager OMRON Healthcare Indonesia, Muhammad Zicofadly, mengatakan “Kerja sama dengan Tokopedia Marketing Solutions adalah game-changer bagi OMRON Healthcare Indonesia. Dengan memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions saat berpartisipasi dalam kampanye WIB, kami berhasil mengembangkan official store kami di Tokopedia dan mengalami lonjakan pesanan lebih dari 4 kali lipat.”
Sementara itu, Sido Muncul, produsen jamu dan obat herbal modern dari Semarang juga mengoptimalkan pemanfaatan Tokopedia Marketing Solutions saat kampanye HUT ke-14 Tokopedia. Sido Muncul menggunakan Tokopedia Marketing Solutions dengan berpromosi melalui Homepage Banner dan Meta Collaborative Ads.
Baca Juga: Sasar Pasar Tak Tersentuh Gojek dan Tokopedia, Begini Strategi GoPay
Damai Argakasih Lazuardinur, Head of Digital and Omnichannel Marketing, Sido Muncul, mengatakan, “Penggunaan Tokopedia Marketing Solutions pada HUT ke-14 Tokopedia sangatlah efektif dengan nilai Return on Ad Spend (ROAS) mencapai hampir 7,5 kali lipat. Keberhasilan tersebut mencakup peningkatan pesanan terhadap produk flagship kami Tolak Angin dan produk herbal lain, seperti ESTE EMJE, Herbal Garlic, dan Kunyit Asam.”
Pihak Tokopedia pun sangat senang dengan pencapaian tersebut. Platform belanja online ini berkomitmen untuk terus membantu pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala maupun bidang dalam mengakselerasi performa bisnis, sekaligus membantu pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Belinda Safitri
Advertisement