Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penuhi Pasokan Pangan, ID FOOD Salurkan Bantuan Sembako di Wilayah Terdampak El Nino

Penuhi Pasokan Pangan, ID FOOD Salurkan Bantuan Sembako di Wilayah Terdampak El Nino Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah terus memastikan terpenuhinya pasokan kebutuhan pokok masyarakat di Tengah el nino dan dinamika perubahan iklim. Langkah tersebut di antaranya melalui penyaluran bantuan sembako seperti yang dilakukan oleh Holding BUMN Pangan ID FOOD di wilayah Indonesia Timur yang mengalami kekeringan.

Hal tersebut disampaikan Corporate Secretary ID FOOD Yosdian Adi Pramono, melalui keterangannya, Senin (13/11/2023), di Jakarta. Menurutnya, penyaluran bantuan sembako ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kekeringan yang terjadi di wilayah terdampak el nino.

“Kami mendapat laporan bahwa beberapa lokasi mengalami kekeringan di tengah el nino yang sedang melanda saat ini, sehingga masyarakat butuh dukungan pasokan pangan. Diharapkan penyaluran bantuan ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan dan membantu mengurangi beban pengeluaran untuk kebutuhan pangan,” ujarnya. Baca Juga: Perkuat Ekosistem Pangan, ID FOOD Siap Gencarkan Kemitraan dengan UMKM

Yosdian mengatakan, sampai dengan hari ini ID FOOD telah menyalurkan bantuan sembako ke 2 provinsi, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan yang disalurkan berupa paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, dan gula konsumsi.

“Kami bekerja sama dengan stakeholder pangan dan komunitas setempat. Bahan pangan kami pasok dan siapkan melalui anak perusahaan ID FOOD, PT Rajawali Nusindo, yang kantor cabangnya tersebar di 43 titik di Indonesia sehingga lebih cepat dan efisien,” terangnya.

Ia menuturkan, untuk NTT paket bantuan disalurkan ke Kabupaten Flores Timur sebanyak 100 paket. Sedangkan untuk NTB disalurkan ke Sumbawa dan Bima sebanyak 200 paket bantuan. 

Di samping bantuan paket sembako, untuk wilayah NTT, ID FOOD juga telah menyalurkan bantuan penanganan stunting tahap II berupa telur dan daging ayam, di mana per 11 November 2023 ini telah terealisasi sebanyak 16.471 paket dari target 66 ribu paket sebanyak 3 batch.

“Selain bantuan paket sembako kita juga menyalurkan paket bantuan pangan penanganan stunting di NTT dan 6 provinsi lainnya. Untuk wilayah NTT saat ini masih berjalan dan telah terealisasi 16 ribu paket. Wilayah Indonesia Timur lainnya yang mendapat bantuan pangan penanganan stunting adalah Sulawesi Barat, telah terealisasi sebanyak 31.512 paket. Program ini merupakan kolaborasi ID FOOD bersama Badan Pangan Nasional, BKKBN, dan PT Pos Indonesia sebagai penyedia jasa logistik,” papar Yosdian. Baca Juga: 4 Tahun Transformasi BUMN, ID FOOD Terus Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Pahaknya juga menyampaikan, saat ini ID FOOD sedang mempersiapkan bantuan sembako untuk dikirim ke Kabupaten Yahukimo, provinsi Papua Pegunungan, yang beru-baru ini mengalami musibah kelaparan. “Bantuan pangan untuk saudara-saudara kita di Yahukimo merupakan salah satu prioritas, mengingat lokasi tersebut masuk kategori daerah rentan rawan pangan,” ungkapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: