Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng AC Ventures, Startup Supermom Ekspansi dan Buka Peluang Kerja bagi para Ibu di Indonesia

Gandeng AC Ventures, Startup Supermom Ekspansi dan Buka Peluang Kerja bagi para Ibu di Indonesia Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform perdagangan sosial dengan jaringan parenting berbasis di Asia Tenggara yang didanai AC Ventures, Supermom, baru-baru ini mengekspansi usahanya ke Indonesia.

Eskpansi ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis, membuka peluang kerja bagi Singapura dan Indonesia, serta membuka kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai “Key Opinion Moms” di platform tersebut. 

Dilansir dari keterangannya pada Jumat (17/11/2023), Supermom menggandeng 25 merek Singapura ke Indonesia. Indonesia juga menjadi pasar utama bagi merek produk perawatan anak di kawasan Asia Tenggara, berkat jumlah populasi yang mencapai lebih dari 270 juta, dan tingkat kelahiran yang tergolong tinggi di Asia Tenggara (17.04 per 1.000 penduduk). 

Ditambah lagi, kelas menengah yang berkembang, didorong tren ekonomi yang meningkat secara keseluruhan, berpotensi meningkatkan permintaan terhadap merek-merek yang berfokus pada keluarga, termasuk produk ibu dan bayi, merek gaya hidup, serta produk kecantikan. 

Baca Juga: AC Ventures Sebut Sektor Fintech di Indonesia Masih Luas: Idenya Tawarkan dan Demokratisasi Akses

Supermom mengamati, lonjakan e-commerce di Indonesia didorong tingkat penetrasi internet sebesar 73,7%, seiring dengan semakin banyaknya keluarga Indonesia yang berbelanja daring (online) untuk kebutuhan perawatan anak. 

Selain itu, program kesehatan yang ada di Indonesia berpotensi meningkatkan kebutuhan akan solusi perawatan ibu dan bayi yang berkualitas. Faktor-faktor ini menjadikan Indonesia sebagai pasar menarik dan berpotensi menguntungkan bagi perusahaan induk yang ingin berkembang di tengah lanskap konsumen yang terus berkembang secara digital.

Supermom hadir dengan program yang dijadwalkan di Sheraton Gandaria City dan Gandaria City Mall di Jakarta pada 17-19 November ini. Agendanya mencakup program bisnis ke bisnis (B2B) untuk mencocokkan merek Singapura dengan mitra Indonesia yang kompatibel. Pertemuan ini menawarkan berbagai peluang, mulai dari pencarian bakat, pengembangan produk, saluran distribusi ritel, kerja sama pemasaran, dan masih banyak lagi.

Daftar 25 merek yang digandeng Supermom meliputi Her velvet Vase Pte Ltd, AMC Environtech Pte Ltd, Elite Care Pte Ltd , Kino Biotech Pte Ltd (Kinohimotsu), Cheryl W Pte Ltd, Sustainable Famillie Trading Pte Ltd, Cori Innolab Pte Ltd, Flexiconcepts Pte Ltd (Trusty Care), Good pharma Dermatology Pte Ltd (Suu Balm), Skin Inc Solutions Pte Ltd, Science Ventures Learning Hub Pte Ltd, Heyhi Pte Ltd, Lollababy Pte Ltd, Bluetree Academy Pte Ltd, DreamUs International Holdings Pte Ltd, Light house and Beacon – CY Beverages, Origin Herbal Hair Treatment Pte Ltd, Axe Factor Pte Ltd, HEGEN Pte. Ltd, Premium Baby Hub, Growthwell Group Private Limited, In Great Company Group Private Limited (Sunday folks), Bee Cheng Hiang Hup Chong Foodstuff Pte Ltd, Mushan Food Industries Pte Ltd, dan Heng Foh Tong Medical Hall.

Co-founder dan Group CEO Supermom, Luke Lim mengatakan inisiatif ekspansi ini merupakan win-win solution bagi merek Singapura dan para orang tua di Indonesia. Tujuannya, untuk menciptakan hubungan yang dapat membuka berbagai peluang baru. 

“Dengan memfasilitasi pertemuan antara merek-merek ini dan mitra lokal, serta melibatkan jaringan 'Key Opinion Moms' Supermom, kami berusaha membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis dan inovasi,” ujar Lim dalam keterangan resmi yang dilansir pada Jumat (17/11/2023). 

Di samping diarahkan pada penetrasi pasar, inisiatif ini juga berfokus pada pembangunan komunitas dan kapasitas dengan menciptakan lapangan kerja di Indonesia dan memberikan kesempatan kepada ibu-ibu di Indonesia untuk memperoleh pendapatan melalui platform inovatif Supermom. 

Merek-merek yang berpartisipasi akan diperkenalkan kepada jaringan "Key Opinion Moms" Supermom, sehingga membuka jalan untuk pemasaran yang terarah dan keterlibatan konsumen yang nyata, sekaligus memberikan sumber penghasilan kepada para ibu melalui konten otentik mereka. 

Baca Juga: Startup Pertanian Koltiva Raih Pendanaan Seri A dari AC Ventures

Di hari kedua dan ketiga acara akan lebih fokus pada pendekatan bisnis ke pelanggan (B2C), mulai dari festival keluarga, hiburan semua usia, dan produk dari 25 merek yang digandeng Supermom akan hadir melalui pameran, permainan dan penghargaan. 

“Memasuki pasar Indonesia dengan wawasan berbasis data dari Supermom memberi kami posisi unik untuk membuat keputusan bisnis yang tepat, dan menyesuaikan pendekatan kami dengan pasar Indonesia yang khas," ujar Luke. 

"Ini merupakan upaya kami menciptakan nilai positif bagi bisnis kami, sambil memperhatikan manfaat bagi tenaga kerja lokal,” sambungnya. 

Hadirnya ekspansi Supermom dianggap dapat mendukung pertumbuhan bisnis kecil di Indonesia, memfasilitasi perdagangan internasional, dan memperkuat hubungan lintas batas. Masuknya merek-merek tersebut adalah bukti komitmen perusahaan untuk mendorong pertumbuhan, inovasi, dan kemakmuran di ASEAN.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: