Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dihadapkan oleh Banyak Tantangan, Ini Pesan Sri Mulyani Buat Milenial dan Gen Z

Dihadapkan oleh Banyak Tantangan, Ini Pesan Sri Mulyani Buat Milenial dan Gen Z Kredit Foto: Instagram
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa setiap generasi selalu akan dihadapkan pada tantangan hidup yang tidak mudah. Indonesia sendiri telah melalui berbagai krisis sejak merdeka, mulai dari krisis ekonomi di tahun 1997-1998, pandemi Covid-19, climate change, gejolak geopolitik, hingga disrupsi digital teknologi. 

“Jadi kalau saya proyeksikan kepada anak-anak generasi milenial, you are all sama seperti perekonomian kita. Habis dihadapkan pada pandemi, dihadapkan pada climate change, digital disruption, geopolitical tension, higher for longer, can you still resilient?” ungkap Menkeu dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, di Jakarta Jumat (24/11/2023).

Untuk menghadapi tantangan itu, Menkeu Sri Mulyani mendorong Milenial dan Gen Z untuk dapat menciptakan peluang, memperkuat fondasi, serta meningkatkan produktivitas melalui inovasi. 

“Itu adalah krisis yang luar biasa sangat dalam dan semenjak itu Indonesia terus membangun berbagai fondasi untuk meneruskan perjalanan mencapai cita-cita, menjadi Indonesia yang maju dengan income perkapita tinggi. Kita ingin sejahtera dan adil merata,” ujar Menkeu. 

Baca Juga: Tensi Geopolitik Meningkat, Sri Mulyani Beberkan Indonesia Justru Punya Posisi Startegis

Untuk mendukung itu, Menteri Keuangan juga mengatakan bahwa pemerintah hadir untuk membuka kesempatan dan mewujudkan impian para Milenial dan Z dengan memberikan beragam fasilitas melalui alokasi anggaran dana pendidikan, anggaran kesehatan, dan jaring pengaman sosial. Termasuk di dalamnya dana abadi pendidikan yang dikelola oleh LPDP, dana kebudayaan, dana penelitian, hingga dana untuk beasiswa perguruan tinggi. 

“Itu adalah bagian di dalam menciptakan demokratisasi, kesempatan bagi anda semuanya, menciptakan dan making sure pendidikan bisa dinikmati oleh siapapun,” tegasnya. 

Terakhir, Menkeu berpesan kepada Milenial dan Z untuk dapat memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan yang dimiliki untuk meneruskan perjalanan bangsa menuju Indoensia maju, namun juga harus tetap membekali diri agar mampu melewati berbagai tantangan yang tidak mudah.

“Generasi Z, milenial, Anda adalah etape saat ini untuk meneruskan perjalanan bangsa Indonesia. Dont disappointed yourself, jangan menyesal nantinya. Jadi kalian tidak berarti selalu sukses di setiap etape. Kita juga tidak takut gagal, namun kita punya ambisi kuat untuk berhasil. Dan ini membuat kita mampu untuk terus maju meraih impian kalian, karena impian kalian adalah impian Indonesia,” tutup Menkeu.

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Kalem meski Unggul di Bali, De Gadjah: Biar Ngga Ada Ricuh

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: