Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Optimalisasi Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Slovakia

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Optimalisasi Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Slovakia Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Urusan Ekonomi Republik Slovakia Denisa Sakova bertempat di Kantor Wakil Perdana Menteri Slovakia, Senin (27/11/2023). Wapres secara khusus membawa misi untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi antarkedua negara.

“Untuk optimalkan potensi kerja sama ekonomi, mohon dukungan Slovakia untuk dua hal. Pertama, negosiasi Indonesia-EU CEPA yang kita targetkan selesai akhir tahun 2023,” ungkap Wapres.

Baca Juga: Bertemu Presiden Slovakia, Wapres RI Soroti Isu Perempuan di Semua Sektor

Lebih lanjut, Wapres meminta kepada Pemerintah Slovakia agar mempermudah kebijakan di bidang perdagangan sehingga dapat mempermudah alur kerja sama dengan pemerintah Indonesia di sektor ekonomi dan pertanian.

“Kedua, memastikan tidak adanya hambatan dagang dan kebijakan diskriminatif, seperti Regulasi Deforestasi Uni Eropa (EUDR) dan Peraturan Penegakan Perdagangan Internasional Uni Eropa (EUER), yang mengancam kelangsungan hidup petani kecil di Indonesia,” pinta Wapres.

Di sisi lain, Wapres juga memiliki harapan besar terhadap perluasan bidang kerja sama pada sektor lain, seperti energi terbarukan, elektromobilitas, dan tidak tertinggal Ibu Kota Nusantara yang tengah dibangun oleh pemerintah Indonesia.

“Saya harap investasi Slovakia di Indonesia dapat diperluas ke sektor-sektor penting, seperti energi terbarukan dan elektromobilitas, serta Ibu Kota Nusantara,” ujar Wapres.

Baca Juga: Dialog Lintas Agama di Slovakia, Wapres Ungkap Tip Jaga Kedamaian dan Kerukunan Moderasi Beragama

Menutup pertemuannya, Wapres meminta agar peningkatan ekspor dari Indonesia dapat dilakukan dengan Pemerintah Slovakia sebagai gerbang utama masuknya produk Indonesia ke Uni Eropa.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: