Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Management Trainee (MT) Jadi Salah Satu Pilihan Karir Gen Z, Ninja Xpress Sosialisasikan Edukasi Karir Melalui Program Goes To Kampus

Management Trainee (MT) Jadi Salah Satu Pilihan Karir Gen Z, Ninja Xpress Sosialisasikan Edukasi Karir Melalui Program Goes To Kampus Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ninja Xpress sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi memberikan dukungan kepada generasi muda khususnya Gen Z dalam persiapan karir melalui program edukasi karir dan sosialisasi program Management Trainee di berbagai kampus di Indonesia. 

Menurut hasil survei dari Jakpat mengenai preferensi karier generasi muda usia 20-an, 77% generasi muda memilih tempat kerja berdasarkan peluang jenjang karir yang jelas. Salah satu program perusahaan yang mendukung percepatan jenjang karir para lulusan baru universitas yaitu program Management Trainee (MT).

Hanya saja, meskipun jenjang karir merupakan preferensi kerja utama Gen Z, menurut data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 80% lulusan Strata 1 Indonesia tidak bekerja sesuai dengan program studi yang dipelajari selama berkuliah. 

Melihat tantangan tersebut, Ninja Xpress menghadirkan program edukasi karir yang memberikan akses kepada para mahasiswa tingkat akhir untuk belajar secara langsung tentang karir dengan ahli ataupun lembaga edukasi dan bimbingan karir. Melalui program tersebut, Ninja Xpress juga memberikan akses informasi terkait potensi karir sebagai seorang MT di sebuah perusahaan. 

Baca Juga: Tips Tingkatkan Keuntungan bisnis Melalui Bisnis Franchise Ala Dimsum Yang dan Ninja Xpress

Maria Octasya, CHRO Ninja Xpress mengatakan, “Kami menyadari bahwa salah satu tantangan dari banyak mahasiswa tingkat akhir di Indonesia adalah mereka merasa bingung dalam menentukan jenjang karir mereka setelah lulus, ini dikarenakan oleh jenjang karir yang ingin dicoba berbeda dengan program studi yang sedang mereka jalani sekarang. Melihat tantangan tersebut, Ninja Xpress mengadakan roadshow ke beberapa universitas di Indonesia guna memberikan edukasi karir dan memperkenalkan program management trainee Ninja Xpress untuk persiapan karir generasi muda menuju dunia kerja.”.

MT merupakan program yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencari bakat-bakat baru yang akan ditempatkan dalam posisi manajerial. Posisi ini menjadi incaran para fresh graduate ataupun lulusan muda yang belum memiliki banyak pengalaman karena memiliki jenjang karir yang bagus.

Sebagai bentuk dukungan Ninja Xpress untuk pengembangan karir generasi muda Indonesia, Ninja Xpress telah melaksanakan roadshow edukasi karir ke berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Jakarta, dan Telkom University. 

Selain memberikan edukasi karir, Ninja Xpress juga membagikan informasi terkait kesempatan bagi mahasiswa untuk mencoba program MT sebagai solusi percepatan karir salah satunya program MT Ninja Xpress yaitu Ninja Xcceleration Program.

Agar sukses diterima sebagai management trainee, berikut beberapa tips untuk memulai karir sebagai seorang MT yang perlu Anda ketahui: 

1. MT Terbuka Untuk Seluruh Latar Belakang Pendidikan

Posisi management trainee bukan berarti mencari kandidat yang hanya berasal dari latar belakang pendidikan yang sesuai dengan industri perusahaaan. Semua lulusan dari berbagai jurusan bisa mencoba melamar menjadi management trainee

2. Tidak Harus Memiliki Pengalaman Kerja Sebelumnya

Perusahaan umumnya mencari fresh graduate atau individu dengan pengalaman kerja yang terbatas, maksimal dua tahun untuk diberikan pelatihan dan mendampingan dalam kurun waktu tertentu sehingga siap untuk bekerja setelah lulus dari program MT. 

Baca Juga: Keuntungan yang Berkelanjutan: Rahasia Sukses Bisnis ala Fellexandro Ruby dan Ninja Xpress

3. Meskipun Terbuka Untuk Seluruh Jurusan, Pendaftar MT Perlu Mempelajari Perusahaan dan Industri

Pahami sebanyak mungkin tentang perusahaan yang Anda lamar, termasuk misi, visi, nilai-nilai, produk, dan layanan yang mereka tawarkan. Selain itu, penting bagi para pendaftar MT untuk mempelajari tren terbaru dalam industri tempat perusahaan beroperasi.

4. Tunjukkan Bahwa Anda Memiliki Sense of Self-Development yang Tinggi

Memiliki sense self-development yang tinggi berarti memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan diri, memiliki mindset yang luas karena mereka akan bertemu banyak orang dan stakeholder, dan yang paling penting adalah memiliki jiwa kepemimpinan. 

5. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik Adalah Kunci 

Latih kemampuan komunikasi Anda, baik lisan maupun tertulis. Pastikan Anda dapat mengungkapkan ide dan gagasan dengan jelas dan efektif. 

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: