Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangun GITET 500 kV Cikande, PLN Adakan Konsultasi Publik

Bangun GITET 500 kV Cikande, PLN Adakan Konsultasi Publik Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Untuk meningkatkan keandalan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kabupaten Serang, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat akan melaksanakan pembangunan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Cikande yang berlokasi di Desa Ketos, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Saat ini untuk pembangunan GITET tersebut sedang dilaksanakan proses persiapan pengadaan tanah yang diketuai oleh Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Banten.

“Untuk pengadaan tanahnya, kami menggunakan sistem Penetapan Lokasi, dikarenakan luas lahan yang akan dibebaskan lebih dari 5 Hektar dan untuk mendapatkan kekuatan hukum dalam setiap proses-prosesnya,“ ujar General Manager PT PLN (Persero) UIP JBB, Defiar Anis, Rabu (6/12/2023) dalam keterangannya.

Baca Juga: PLN Galang Kolaborasi Global Dukung Pendanaan Transisi Energi di Tanah Air

Ia menjelaskan tahapan-tahapan yang ditempuh dalam rangka perizinan Penetapan Lokasi, antara lain Penerbitan Surat Keputusan Tim Persiapan oleh Gubernur Banten, Sosialisasi rencana Pembangunan, Pemberitahuan via media cetak, baik lokal dan nasional, Pendataan awal lokasi rencana Pembangunan, dan Konsultasi Publik kepada pemilik tanah.

Kegiatan konsultasi publik telah dilaksanakan pada 28-29 November 2023 diikuti oleh 102 pemilik. Tim Persiapan Pengadaan Tanah turut menghadirkan pihak dari Kejaksaan Tinggi Banten dan Kepolisian Daerah Banten yang bertujuan untuk mengawal agar setiap tahapan proses persiapan pengadaan tanah dapat berada pada koridor hukum yang berlaku.

"Seluruh pemilik mendukung dan menyetujui adanya pembangunan GITET 500 kV Cikande. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran Konsultasi Publik, semoga ke depannya pembangunan bermanfaat bagi kita semua,“ papar Anis.

Baca Juga: PLN Gandeng Perusahaan Listrik Asal Mesir untuk Kembangkan Proyek Smart Meter

Pembangunan GITET 500 kV Cikande memotong jalur SUTET 500 kV Bojonegara – Suralaya dan SUTT 150 kV Cikande – Indah Kiat – Gunung Mulia Steel/Ciruas. GITET 500kV Cikande merupakan bagian dari program 35.000 MW yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat serta masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

PSN tersebut kata dia memiliki tiga tujuan utama yakni meningkatkan pasokan dan menjaga keandalan listrik Kabupaten Serang dan sekitarnya; memenuhi kebutuhan rumah tangga dan industri yang sedang berkembang pesat; dan mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: