Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Ekspansi dan Digitalisasi Bisnis DailyMeal, DBS MAX QRIS Permudah PT Hoki Distribusi Niaga Tingkatkan Jangkauan Pelanggan hingga 9%

Dorong Ekspansi dan Digitalisasi Bisnis DailyMeal, DBS MAX QRIS Permudah PT Hoki Distribusi Niaga Tingkatkan Jangkauan Pelanggan hingga 9% Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Data oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa industri makanan dan minuman berkontribusi sebesar Rp209,51 triliun pada kuartal kedua 2023 terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), meningkat 4,62 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp200,30 triliun.

Sejalan dengan angka tersebut, data oleh Kementerian Perindustrian memperlihatkan bahwa industri ini memiliki andil sebesar 38,51 persen terhadap PDB.

Hal ini menunjukkan bahwa industri makanan dan minuman merupakan motor pendorong pertumbuhan industri pengolahan di Indonesia, sehingga inovasi dan transformasi secara digital oleh pelaku usaha menjadi penting agar dapat terus bertumbuh dan unggul dalam menghadapi daya saing industri dan pertumbuhan bisnis yang tinggi.

PT Hoki Distribusi Niaga (PT HDN), yang memasarkan merek beras ternama seperti Topi Koki, juga mulai merambah ke merek beras sehat seperti DailyMeal sejak tahun 2022. Saat ini, PT HDN menjalin kemitraan dengan 250 supermarket, 500 toko ritel, hingga 210 jaringan hotel/restoran/café (horeca) di seluruh Indonesia.

Untuk mempermudah transaksi bagi mitra, maka PT HDN berkolaborasi dengan PT Bank DBS Indonesia dalam mengadopsi pembayaran digital, yakni dengan DBS MAX QRIS. Hal ini memudahkan bagi tenaga pemasar untuk mencatat transaksi secara akurat dan efisien.

“Seiring dengan ambisi kami untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan akan beras berkualitas, maka kami pun harus mengambil langkah-langkah strategis, yakni menjalin kemitraan melalui jaringan ritel seperti supermarket dan pasar, industri horeca, dan kemitraan untuk solusi pembayaran satu pintu. Salah satu tantangan yang kami hadapi dalam operasional sehari-hari adalah pembayaran dan settlement saat transaksi," ungkap Direktur Utama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN), Adi Wijaya.

Baca Juga: Bank DBS dan Home Credit Indonesia Beri Fasilitas Pembiayaan Bagi Kaum Underbanked

Kami membutuhkan solusi pembayaran yang mudah, akurat, dan memberikan informasi secara real-time, sehingga tenaga pemasar kami tidak direpotkan dengan administrasi dan pencatatan yang keliru. Sejak Februari 2023, kami menggunakan solusi pembayaran DBS MAX QRIS, sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang memberikan layanan penyelesaian kredit secara real-time dengan proses memindai untuk membayar (scan and pay),” lanjutnya.

Guna memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman bagi PT HDN dan seluruh mitranya, DBS MAX QRIS menawarkan tiga keunggulan, yakni:

  • Pertama, DBS MAX QRIS membantu PT HDN untuk melakukan rekonsiliasi transaksi secara real-time, memastikan bahwa semua transaksi tercatat dengan akurat sehingga transaksi lebih efisien. Hal ini sangat penting sehingga tenaga pemasar yang mencatat transaksi agar tidak dirumitkan dengan proses administrasi.
  • Kedua, PT HDN akan mendapat notifikasi instan setelah pembayaran selesai dilakukan sehingga transaksi terverifikasi dengan cepat dan aman. Notifikasi instan ini memudahkan pencatatan akan pembayaran simultan yang terjadi di beberapa outlet sekaligus, sehingga memberikan transparansi dan menghindari adanya duplikasi data.
  • Ketiga, memberi manfaat bagi para mitra, karena dengan menggunakan DBS MAX QRIS, mereka tidak perlu lagi menyediakan uang tunai untuk pembayaran dan memudahkan pembukuan.

Baca Juga: Majukan Ekonomi Digital, DBS Indonesia Sabet Penghargaan dari BI

Dengan dukungan yang dihadirkan DBS MAX QRIS, PT HDN berhasil meningkatkan efektivitas dan produktivitas operasional mereka. Hal ini tercermin dari peningkatan jangkauan nasabah sebesar 9 persen, dengan 6 persen dari transaksi pembayaran dilakukan menggunakan DBS MAX QRIS.

Selain itu, peningkatan pangsa pasar juga dapat terlihat melalui banyaknya transaksi yang mencapai 7.250 transaksi selama tahun 2023.

“Kami senang dapat membantu PT HDN untuk berekspansi dengan memberikan solusi pembayaran melalui DBS MAX QRIS. Dengan mengadopsi solusi teknologi digital untuk pembayaran, hal ini dapat menyederhanakan proses transaksi sehingga memberikan efisiensi operasional bagi pelaku bisnis. Dengan transaksi yang lebih ringkas, kami berharap kini PT HDN tidak perlu dirumitkan dengan urusan perbankan dan bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya, sehingga dapat ‘Live more, Bank less’,” kata Head of Global Transactions Services PT Bank DBS Indonesia, Dandy Pandi.

Sejak diluncurkan tahun 2022, DBS MAX QRIS memberikan solusi pembayaran digital kepada 10 perusahaan hingga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi secara digital. Selain menjamin kelancaran pembayaran kepada mitra, DBS MAX QRIS pun memberikan laporan yang komprehensif dan terintegrasi dengan Q-RIS Encore report.

Informasi selengkapnya tentang DBS MAX QRIS dapat diakses melalui link ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: