Startup Periklanan Ini Sukses Gunakan Zoho CRM, Basis Pelanggan Tumbuh Hingga 25%!
StickEarn, startup teknologi periklanan yang berbasis di Jakarta, saat ini memiliki fokus pada peningkatan teknologi serta mengedukasi pasar tentang pendekatan periklanan yang mengutamakan teknologi.
“Menembus penggunaan OOH dari luar, ketika teknologi periklanan baru muncul, bisa menjadi tantangan yang sangat besar di sini,” kata Stanley Chrislie, Head of Revenue Operation StickEarn.
Seiring dengan berkembangnya bisnis, semakin penting bagi tim di StickEarn untuk memiliki visibilitas mengenai jalur penjualan mereka. Software CRM yang sebelumnya StickEarn gunakan hanya mampu mencatat informasi dan pendapatan pelanggan.
Dengan makin berkembangnya bisnis, proses penjualan pun makin rumit. Akibatnya, StickEarn membutuhkan solusi dengan lebih banyak fitur.
"Kami mencari solusi yang memungkinkan kami melihat matriks penjualan secara detail. Jika kami dapat mengidentifikasi di mana hambatannya, apa yang bisa diperbaiki. Dengan detail ini kami juga dapat meningkatkan perencanaan bisnis dan manajemen tim kami. Kami tidak memiliki visibilitas ini sebelum menggunakan Zoho CRM," kata Stanley.
Karena pertimbangan itulah StickEarn memutuskan beralih ke Zoho CRM.
Bagi StickEarn, salah satu kekuatan Zoho CRM terletak pada kedalaman data yang dapat disediakan. Ini penting bagi tim penjualan untuk mengevaluasi dan memperkirakan penjualan mereka secara akurat.
“Yang membuat kami senang adalah kedalaman datanya. Kami bisa bekerja lebih baik karena bisa mengukur semuanya secara detail. Jadi, tim kami bisa mengambil keputusan berdasarkan data,” tambah Stanley.
Untuk tim manajemen, data dari Zoho CRM mudah diakses dari modul analisis penjualan. Dasbor pelaporan yang dapat disesuaikan memungkinkan mereka melihat data penting secara real-time.
Selain itu, antarmuka Zoho CRM versi seluler juga memungkinkan tim StickEarn memperbarui detail pelanggan saat bepergian, sehingga memperkaya data yang tersedia untuk pelaporan.
Zoho CRM kini menjadi pusat tim penjualan di StickEarn.
Manfaat Zoho CRM untuk StickEarn
Secara garis besar, berikut adalah 2 manfaat utama dari penggunaan Zoho CRM bagi bisnis periklanan milik StickEarn.
1. Mempermudah Manajemen Pelanggan
Setelah menggunakan Zoho CRM selama lebih dari dua tahun, tim di StickEarn menemukan manfaat tambahan untuk data yang dikumpulkan di CRM. Selain melacak sales pipeline, record pelanggan kini juga merupakan gudang berharga untuk manajemen dan retensi pelanggan bagi tim marketing dan operation di StickEarn.
"Misalnya, ketika ada masalah dengan klien, tim operasional dapat memberikan informasi penting tentang klien tersebut, masalah mereka, berapa kali mereka berurusan dengan kami, dan detail penting lainnya. Hal ini memungkinkan tim penjualan untuk mengambil tindakan yang tepat dan menyiapkan balasan yang relevan selama pertemuan dengan klien,” kata Stanley.
2. Peningkatan Alur dan Otomatisasi Kerja
StickEarn menggunakan fitur Workflow dan Blueprint untuk mengotomatiskan proses penjualan mereka di Zoho CRM.
Dengan Blueprint, tim dapat dengan mudah mengedit proses penjualan dengan editor visual, memungkinkan software CRM memandu pengguna melalui tindakan yang diperlukan di setiap tahap proses penjualan.
Hal ini membuat proses penjualan dapat diulang dengan mudah, baik oleh karyawan baru maupun karyawan lama.
Dengan Blueprint, sejumlah proses penjualan seperti tindak lanjut penjualan dapat diotomatisasi, sehingga memberikan kesempatan tim untuk fokus pada pekerjaan utama mereka, yaitu membangun hubungan dengan pelanggan.
StickEarn sendiri saat ini memiliki aset cerdas di media periklanan transportasi, periklanan Di Luar Rumah (OOH), dan periklanan digital dalam ruangan.
StickEarn membantu pemilik ruang iklan menjual spot iklan mereka dengan lebih efektif. Bagi pengiklan, StickEarn mampu memberikan informasi mendalam mengenai spot iklan mana yang paling efektif dari segi lokasi dan anggaran dengan teknologi terprogram buatan mereka, menyelaraskan spot iklan dengan target pengiklan.
Sebagai perusahaan teknologi, tim StickEarn sangat tertarik untuk mengeksplorasi sepenuhnya fungsionalitas yang ada di Zoho CRM dan telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk mengeksplorasi kemampuan software CRM.
Tim ini juga memberikan pelatihan setiap kali karyawan baru membutuhkan akses ke Zoho CRM dan juga terus memberikan informasi terbaru kepada semua orang tentang fitur dan fungsi terbaru software CRM tersebut.
“Kami memiliki tim Revenue Operations, dan ada peran yang disebut Sales Enablers. Mereka tidak berinteraksi dengan klien tetapi fokus pada administrasi internal, CRM, dan alat lainnya,” jelas Stanley.
Hasil yang Positif dengan Zoho CRM
StickEarn kini menjadi pemain kunci dalam lanskap periklanan Indonesia dan Zoho CRM telah menjadi mitra dalam pertumbuhan mereka. Dengan kemampuan mengelola leads dan sales pipeline secara efektif, serta mengotomatiskan alur kerja, tim StickEarn lebih mampu fokus dalam membina hubungan yang bermakna dengan pelanggan mereka.
Sejak menggunakan Zoho CRM, basis pelanggan StickEarn telah tumbuh 25% dan pada saat yang sama mereka siap mewujudkan misi mendemokratisasi OOH dengan menghubungkan lebih dari 10.000 inventaris ke platform terprogram mereka, Playlog.
Baca Juga: Perkuat Bisnis, Venteny Kuasai 30% Kepemilikan Saham di PT DPI
StickEarn berharap dapat mengeksplorasi lebih banyak kemampuan otomatisasi dengan Zoho CRM, memanfaatkan alur kerja dan cetak biru secara lebih efektif, untuk memungkinkan tim mereka fokus pada pengalaman pelanggan daripada tugas yang berulang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement