Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Penerapan AI dan ML, Blibli Tawarkan Solusi Return Instan Produk ke Pelanggan

Lewat Penerapan AI dan ML, Blibli Tawarkan Solusi Return Instan Produk ke Pelanggan Kredit Foto: Website Blibli
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Global Digital Niaga (Blibli.com) senantiasa berupaya menjaga kepuasan pelanggan, termasuk di fase purnajual. Terkait itu, Blibli melakukan inovasi bisnis dengan penerapan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan maupun algoritma machine learning (ML) dalam proses return barang secara instan. 

Tak bisa dimungkiri bahwa para konsumen kerap bingung dengan mekanisme pengembalian barang yang benar, aman dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi tentang hal tersebut. Olehnya itu, Blibli terus memperkuat strategi hi-tech dan hi-touch yang berstandar global dalam optimalisasi pengalaman purnajual pelanggan.

Baca Juga: Jelang Peresmian Toko ke-50, Erablue Bagi-bagi Voucher Belanja Mencapai Rp1 Miliar

“Blibli melakukan ekstensifikasi AI dan ML untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dengan solusi return instan ini, pelanggan Blibli akan dimudahkan saat melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan," kata Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli. 

Pelanggan pun cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan.

"Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan return produk untuk memberikan solusi,” lanjut Azizah. 

Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai. Jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima dan ingin melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat memprosesnya langsung secara mandiri.

Baca Juga: High-End Brands Indonesia by Shopee Hadirkan Pengalaman Belanja Fesyen Eksklusif Hasil Karya Perancang Busana Indonesia

Apabila barang yang diterima pelanggan memang dalam keadaan rusak, hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat return barang untuk segera mengirim produk pengganti. Berkat teknologi AI dan ML, proses deteksi kerusakan dan rekomendasi solusi ini pun lebih cepat hampir 50%.

Dari 20 kategori produk yang tersedia di platform Blibli, mekanisme pengembalian kategori barang memiliki ketentuannya masing-masing sehingga pelanggan hanya perlu membaca syarat dan ketentuan tersebut secara teliti. 

Menariknya, kemudahan pengembalian barang di Blibli sudah menjangkau seluruh Indonesia. Pasalnya, Blibli telah bekerja sama dengan delapan mitra logistik dengan lebih dari 47.800 lokasi return points yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Terobosan inovasi bisnis berupa implementasi teknologi AI dan ML di proses purnajual ini pun telah membawa Blibli mendapatkan pengakuan publik melalui Indonesia Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023 dengan predikat Excellent untuk Outstanding Digital Innovations pada November 2023 lalu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: