Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keselamatan Kerja Harga Mati, PLN EPI Gelar Apel Bersama Peringati Bulan K3 di Samarinda

Keselamatan Kerja Harga Mati, PLN EPI Gelar Apel Bersama Peringati Bulan K3 di Samarinda Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Samarinda -

Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menegaskan komitmen keselamatan kerja pada seluruh proses bisnis perusahaan sebagai prioritas kerja.

Dalam apel bersama PLN EPI Grup di lokasi kerja PLN Energi Gas Tanjung Batu, Kalimantan Timur, yang juga menjadi rangkaian Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024, PLN EPI berkomitmen terus meningkatkan budaya K3 di lingkungan PLN EPI beserta anak perusahaannya.

Kegiatan yang mengusung tema "Budayakan K3, Sehat, dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha" ini sejalan dengan penekanan K3 yang diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah. 

Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara menegaskan PLN EPI selalu siap berkontribusi dalam menegakkan prinsip K3 pada seluruh proses bisnis perusahaan sebagai prioritas kerja. Mengemban tugas sebagai penjamin rantai pasok energi primer di Indonesia, implementasi K3 jadi prinsip utama agar seluruh pasokan energi primer terdistribusi dengan baik ke seluruh pembangkit. Safety Culture harus menjadi bagian dari kehidupan kerja.

Baca Juga: PLN EPI dan Keraton Terapkan Green Deflation di Yogyakarta

Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN EPI, Dedeng Hidayat selaku pemimpin apel mengatakan harapannya terkait pelaksanaan K3 di PLN EPI Grup. Ia berharap agar seluruh pegawai mampu beradaptasi mengimplementasikan sistem manajemen terkait K3 sesuai dengan industri maupun proses bisnis dari tiap entitas.

Dedeng juga berharap seluruh pihak mengikuti semua peraturan perundang-undangan dan menjalin komunikasi dengan stakeholder-stakeholder terkait dalam hal pengawasan dan pembinaan. Hal ini dilakukan untuk berlangsungnya perbaikan berkelanjutan terhadap implementasi K3 sehingga tercapainya Zero Accident di lingkungan PLN EPI Grup.

“Komitmen mengutamakan keselamatan kerja dan meningkatkan awareness terhadap budaya K3 Zero Accident pada setiap proses bisnis yang dilakukan ini tak pernah terlewat kami sampaikan, karena tidak ada yang lebih berharga dari nyawa manusia,” kata Dedeng.

Baca Juga: Berdayakan Masyarakat, PLN EPI Berikan Pelatihan Ternak Kambing Perah

Selain melaksanakan apel bersama, PLN EPI juga mengadakan beberapa kegiatan dalam rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2024. 

Berbagai kegiatan tersebut di antaranya Awareness Pemahaman dan Pencegahan IMS-HIV/AIDS di tempat kerja, Awareness Pemahaman K3 Lingkungan Kerja, Lomba Cerdas Cermat, dan Lomba Video K3 PLN EPI Grup.

Ada juga kegiatan yang bersifat implementatif, seperti inspeksi peralatan sistem pemadam kebakaran dan peralatan P3K.

Selain itu, PLN EPI berkolaborasi dengan anak perusahaan untuk pelaksanaan Awareness Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan serta Awareness Sistem Manajemen Keselamatan Pengoperasian Kapal dan Pencegahan Pencemaran Laut.

Dengan adanya serangkaian kegiatan ini, diharapkan seluruh pegawai dan tenaga alih daya PLN EPI Grup dapat meningkatkan pemahaman K3 dan menerapkannya untuk diri sendiri maupun sekitar. 

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: