Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Pupuk Kaltim Lakukan Hal Ini

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Pupuk Kaltim Lakukan Hal Ini Kredit Foto: Pupuk Kaltim
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus berupaya melakukan penguatan pemasaran produk di sektor komersil, dengan melakukan evaluasi kinerja secara berkala sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan yang selama ini telah mendukung pencapaian penjualan secara optimal. Hal ini melihat pemasaran komersil Pupuk Kaltim satu tahun terakhir kembali mencatatkan prestasi, dengan kontribusi terbesar dari seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani, menyampaikan dalam satu tahun terakhir kinerja penjualan Pupuk Kaltim mencapai 2.042.837 MT untuk Urea, disusul Amoniak sebesar 802.737 MT dan NPK sebanyak 2.496 MT. Hal tersebut didukung berbagai pengembangan inovasi seperti peningkatan Loading Rate, perbaikan serta peningkatan kapasitas dermaga yang beroperasi selama 24 jam, hingga pemilihan agen sesuai kebutuhan buyer dan penyediaan fasilitas Cherry Picker.

"Begitu juga dari sisi pelayanan semakin dioptimalkan agar loyalitas pelanggan turut meningkat, sehingga kinerja penjualan yang didukung oleh pelanggan setia Pupuk Kaltim bisa terus dipacu," tutur Wisnu, saat Customer Talk, dalam rangkaian Customer Gathering Pupuk Kaltim 2024 belum lama ini.

Dijelaskan Wisnu, pelanggan merupakan salah satu faktor penting terhadap penjualan Pupuk Kaltim, sehingga pelayanan yang diberikan pun terus dimaksimalkan untuk memberi kemudahan dalam mendorong kinerja sektor komersil di tiap daerah. Salah satunya terkait skema penjualan, dengan memberikan dukungan optimal kepada seluruh pelanggan mulai dari penerapan tata niaga yang baik, proses jual beli yang mudah, hingga layanan purna jual secara berkelanjutan.

Baca Juga: Hadapi Musim Tanam, Pupuk Kaltim Pastikan Ketersediaan Pasokan Awal Tahun Dalam Kondisi Aman

"Selain itu, Pupuk Kaltim juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pelanggan dalam satu tahun, disamping berbagai bekal tambahan untuk meminimalisasi segala bentuk kendala di lapangan," tambah Wisnu.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, pun menyebut peranan pelanggan sangat krusial bagi Pupuk Kaltim, sebagai perpanjangan tangan perusahaan dalam pemasaran produk di seluruh wilayah distribusi. Oleh sebab itu, Perusahaan pun menyediakan wadah bagi pelanggan sebagai sarana bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasi dalam memaksimalkan pelayanan yang diberikan, sehingga Pupuk Kaltim maupun Pupuk Indonesia Grup dapat terus memberikan kinerja terbaik khususnya di sepanjang tahun 2024.

"Pupuk Kaltim berkomitmen memberikan produk berkualitas tinggi dengan layanan terbaik, serta selalu berusaha memahami kebutuhan dan harapan pelanggan agar dapat terus berkembang dengan memberikan solusi yang inovatif," terang Qomaruzzaman.  

Baca Juga: Tekan Penggunaan Energi Fosil, Pupuk Kaltim Operasikan Port Charging Kendaraan Listrik

Melalui Customer Gathering tahun ini, Qomaruzzaman pun memastikan aspirasi dan masukan dari seluruh pelanggan menjadi bahan evaluasi bersama, agar kinerja penjualan makin tumbuh seiring komitmen pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pupuk di tiap wilayah distribusi perusahaan. Dari hal tersebut, ketahanan pangan dapat terus terjaga seiring meningkatnya produktivitas hasil pertanian masyarakat.

"Kerjasama dan sinergi antara perusahaan dengan pelanggan akan terus diperkuat Pupuk Kaltim, tentunya dengan pelayanan yang juga jauh lebih baik kedepannya," tandas Qomaruzzaman.

Salah satu pelanggan Pupuk Kaltim Erwan dari SK Chemical Trading, mengapresiasi pelaksanaan Customer Gathering yang dinilainya menjadi wadah bagi para pelanggan setia perusahaan untuk saling berdiskusi guna meningkatkan kerjasama yang selama ini terjalin. Dirinya menyebut kegiatan ini juga menjadi ajang evaluasi bersama, agar pelayanan perusahaan dapat semakin berjalan optimal kedepannya.

"Kami menyambut baik kegiatan ini sebagai wadah komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, guna meningkatkan kerjasama yang sejauh ini terbina. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Pupuk Kaltim, semoga sinergi ini bisa terus berkelanjutan," ucap Erwan.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: