Manfaatkan Teknologi AI, Lintasarta Raih Penghargaan di Asian Telecom Awards
Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solution, tampil sebagai pemenang di Asian Telecom Awards 2024, pada kategori Technology Innovation of the Year - Indonesia.
Award ini menjadi penanda pencapaian Lintasarta dalam menciptakan "Talita," juga dikenal sebagai "Asisten Virtual AI Lintasarta," yang berasal dari akronim "Tanya Lintasarta" atau "Talk to Lintasarta," yang dirancang untuk merevolusi akses informasi internal bagi karyawan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan dan karyawan.
Baca Juga: Siapa Penyedia Internet Tercepat di Indonesia? Ini Jawabannya..
“Inisiatif digital Lintasarta pada tahun 2023, salah satunya melalui diperkenalkannya Talita, yang mana menandakan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan keunggulan teknologi,” kata Presiden Direktur & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena.
Bayu menambahkan, integrasi Talita tidak hanya menyederhanakan operasi internal, tetapi juga berdampak positif pada pengalaman karyawan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan, yang mana menjadi awal dari perjalanan berbasis AI perusahaan.
“Talita menyederhanakan akses ke berbagai informasi internal yang penting, mulai dari manajemen data perusahaan hingga proses bisnis,” paparnya. Di antara informasi interaktif yang disediakan Talita termasuk instruksi kerja untuk produk Lintasarta, aplikasi internal, infrastruktur IT, penyusunan email internal dan eksternal, desain slide presentasi, rekomendasi, pembuatan kuis untuk sesi pelatihan, tips dan trik IT/Jaringan, dan dukungan untuk berbagai bahasa.
Baca Juga: Dongkrak Digitalisasi, Telkom Smart Office Segera Hadir di IKN
Selain itu, untuk mempersiapkan karyawan agar dapat beralih ke proses bisnis sehari-hari dengan asisten virtual, Lintasarta mengatasi potensi hambatan untuk berubah dengan menerapkan program pelatihan yang komprehensif dan support system di internal. Adanya berbagai dukungan ini membuat performa tim internal lebih maksimal dalam memberikan pelayanan ke pelanggan.
“Para pelanggan Lintasarta menjadi salah satu pihak yang merasakan dampak dari sisi efektivitas kerja melalui pemanfaatan Talita. Talita mampu menarik informasi dari berbagai sumber di internal, memungkinkan pengguna bisnis untuk memperoleh informasi komprehensif dari satu sistem dan membantu tim internal kami meningkatkan kecepatan dan kualitas aktivitas harian untuk para pelanggan. Selain itu, asisten virtual kami ini telah mengurangi jumlah tiket untuk pertanyaan dan kebutuhan penjelasan kepada tim IT sekitar 30%,” tutur Bayu.
Saat ini, lanjut Bayu, integrasi di seluruh departemen telah menghasilkan penurunan signifikan dalam waktu yang dihabiskan karyawan untuk mencari informasi dan meningkatkan produktivitas karyawan.
Baca Juga: Luncurkan Zoho for Startups Langkah Transformasi Digital bagi Bisnis Rintisan
Talita juga memiliki kemampuan untuk memberikan informasi interaktif terkait kebijakan internal di Lintasarta dan membantu karyawan untuk membuat keputusan dalam waktu lebih singkat, sehingga memfasilitasi pemahaman yang lebih cepat terhadap kebijakan internal perusahaan.
Fitur Speech-to-Text juga membuat interaksi pengguna dengan Talita lebih mudah. Kini, karyawan dapat mengandalkan asisten virtual ini untuk memberikan informasi yang tepat dan terkini.
“Kami harap komitmen tim untuk meningkatkan pengalaman kerja karyawan melalui asisten virtual dapat terus berperan penting dalam memberikan kontribusi maksimal bagi masyarakat,” tutup Bayu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Belinda Safitri
Advertisement