Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakai Aplikasi Bukalapak, Omset Warung di Bandung ini Naik 3 Kali Lipat

Pakai Aplikasi Bukalapak, Omset Warung di Bandung ini Naik 3 Kali Lipat Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) yang menjadi bagian dari ekosistem Bukalapak, melanjutkan program pendampingan intensif untuk 60 pemilik warung di Bandung. 

Warung yang telah menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak dan menawarkan fasilitas digital serta layanan keuangan juga berhasil meningkatkan pendapatannya hingga 3x lipat. 

Mitra Mentorship Program Batch 3 ini bertujuan untuk mengedukasi pemilik warung agar dapat mentransformasi warungnya dengan menghadirkan berbagai layanan digital dan keuangan seperti  pengisian ulang saldo e-wallet, pembelian voucher games, pembayaran tagihan, hingga pengiriman uang.

Konsisten dengan konsep “Dari Mitra untuk Mitra”, pendampingan kali ini menggandeng Tati Maryati, seorang Mitra berpengalaman yang telah sukses mengubah warungnya menjadi agen digital dan inklusi keuangan.

Sebagai mentor, Tati berbagi pengetahuan praktis dan pengalaman pribadi dalam mengembangkan layanan produk virtual di warung kepada para peserta mentorship, atau yang dikenal sebagai mentee. 

Selain menjelaskan materi dalam tiga modul yang komprehensif, Tati juga memberikan ide-ide kreatif untuk memasarkan produk dan membangun loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Jelang Usainya Jalan Pemilu, Bagaimana Nasib UMKM?

Diharapkan dapat mengenali kebutuhan produk virtual pelanggan dan mempromosikan berbagai layanan digital dan keuangan melalui strategi komunikasi persuasif, baik secara verbal, tekstual, maupun visual.

Setiap sesi materi dalam program mentorship ditutup dengan diskusi interaktif antar mentee untuk berbagi pengalaman dan tantangan dalam menawarkan produk virtual.

Para peserta juga diberikan misi untuk menerapkan konsep dan strategi yang telah mereka pelajari dalam kegiatan bisnis mereka. Lina Herlinawati, Mitra asal Kabupaten Bandung, terpilih sebagai mentee terbaik karena berhasil mengimplementasikan berbagai strategi menarik dalam memperkenalkan produk virtual kepada pelanggan.

“Dalam rangka mewujudkan ekonomi yang adil, kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada pemilik warung agar mampu bersaing dengan minimarket dan toko modern. Melalui edukasi tentang pemasaran produk virtual, layanan keuangan, serta komunikasi pelanggan, para pemilik warung memiliki peluang besar untuk mentransformasi usaha mereka. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan peran sebagai agen digital serta motor penggerak pertumbuhan ekonomi lokal,” jelas AVP Mitra Marketing & Partnership, Mitra Bukalapak, Gitaditya Witono kepada wartawan di Bandung, Kamis (7/3/2024).

Tati memulai usaha kecilnya di teras rumah sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi pemutusan hubungan kerja suaminya. Sejak bergabung dengan Mitra Bukalapak pada tahun 2019, Warung Siaga milik Tati berperan sebagai penyokong utama kebutuhan keluarga. Dengan mengandalkan penjualan produk virtual seperti pulsa, token listrik, dan Kirim Uang, pendapatan warungnya meningkat hingga 50 persen.

Baca Juga: Strategi Branding untuk UMKM di 2024: Bisa Tingkatkan Omzet Hingga 800%!

“Warung ibarat mini ATM bagi tetangga dan masyarakat sekitar sini, karena dengan berbagai layanan produk virtual yang disediakan Mitra Bukalapak, keperluan apapun, bahkan kirim uang dan tarik tunai lewat QRIS bisa dilakukan. Hal ini menguntungkan bagi pemilik warung seperti saya, dan pemahaman ini yang ingin saya bagikan kepada rekan-rekan lainnya,” ungkap Tati, yang juga menawarkan opsi pembayaran tunai maupun non-tunai.

Keberhasilan Tati dalam mengelola warung tidak lepas dari kepiawaiannya untuk menjaga kepercayaan pelanggan melalui pelayanan yang ramah dan solutif. Ia juga mahir dalam memanfaatkan berbagai platform digital, termasuk WhatsApp, Facebook, YouTube, Google Bisnisku, dan Google Maps.

“Saya beruntung dapat belajar dan berdiskusi mengenai banyak hal terkait warung dengan Juragan Tati sepanjang berlangsungnya Mitra Mentorship Program. Berkat kegiatan ini, saya tertarik mencoba promosi produk virtual melalui WhatsApp, baik dengan cara chat pelanggan maupun mengunggah video kreatif lewat status. Hal ini belum pernah saya lakukan sebelumnya, namun saya yakin bisa menambah jumlah pelanggan setelah dicoba,” jelasnya. 

Kreativitas yang tinggi menjadi inspirasi bagi puluhan pemilik warung lain yang ikut serta dalam Mitra Mentorship Program. Mereka menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan melalui misi khusus untuk mempromosikan produk virtual ke pelanggan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: