Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terjadi Pergeseran, Begini Hasil Survei Tentang Perilaku Masyarakat Digital Savvy Jelang Idulfitri

Terjadi Pergeseran, Begini Hasil Survei Tentang Perilaku Masyarakat Digital Savvy Jelang Idulfitri Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jelang momen Idulfitri 1445 H, Jenius dari Bank BTPN, meluncurkan sebuah survei bertajuk “Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy selama Ramadan & Jelang Idulfitri 2024” yang dilakukan pada 28 Februari–18 Maret 2024 lalu.

Survei ini melibatkan 233 responden berusia 17–40 tahun dari berbagai wilayah Jabodetabek dan non-Jabodetabek (Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, hingga Aceh). 

Hasil dari Jenius Study tersebut memperlihatkan gambaran bagaimana perilaku masyarakat digital savvy tahun ini yang fokus dalam menciptakan Ramadan yang lebih bermakna dengan meningkatkan kualitas ibadah, mengatur THR dengan lebih baik serta mempererat silaturahmi dengan berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga: Jelang Idulfitri 2024, Disperindag Jabar Ungkap Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Zat Berbahaya

Digital Banking Partnership Head Bank BTPN Febri Rusli menjelaskan bahwa terjadi pergeseran alokasi THR pada tahun 2024 dibanding dengan 2023. “Tahun lalu, mayoritas digital savvy (41%) fokus menabung THR, sementara 40% menggunakan THR untuk belanja kebutuhan Ramadan, dan 19% lainnya memilih menginvestasikan THR mereka. Kini, alokasi THR untuk belanja keperluan Ramadan naik 12% menjadi 52%, sedangkan porsi menabung dan berinvestasi masing-masing mencapai 29% dan 19%."

Perubahan cara mengelola THR tersebut pun sejalan dengan 58% masyarakat digital savvy yang merasa pengeluaran mereka berpotensi meningkat di Ramadan tahun ini. Adapun alokasi pengeluaran tersebut meliputi membeli baju baru (43%), mudik (30%), zakat dan sedekah (30%), membeli makanan sahur dan buka puasa (29%), serta acara buka puasa bersama (29%).

Selain untuk keperluan Ramadan, masyarakat digital savvy juga menggunakan THR untuk melunasi cicilan/utang, modal bisnis, liburan, renovasi rumah, dan beli gadget/barang elektronik. Lebih lanjut, masyarakat digital savvy juga berupaya mengantisipasi kebutuhan ekstra dengan memilih opsi pinjaman.

Baca Juga: LindungiHutan Kembali Inisiasikan Sedekah Pohon di Ramadan 2024

Dibandingkan tahun lalu, jumlah masyarakat digital savvy yang memilih opsi pinjaman meningkat sebesar 13%. Survei mengungkap ada sebanyak 35% dari mereka berencana mengambil pinjaman selama bulan Ramadan 2024 untuk berbagai keperluan, termasuk persiapan menyambut Lebaran (60%), modal usaha (46%), dan renovasi rumah (18%).

Sejalan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat digital savvy tersebut, Jenius Study juga turut memperlihatkan lima fitur Jenius favorit masyarakat digital savvy untuk membantu pengelolaan keuangan mereka selama bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri, yaitu Flexi Cash, Jenius QR, Jenius Paylater, Kartu Kredit Jenius, dan Kartu Debit Jenius. 

Baca Juga: Makin Mudah! Jenius Hadirkan GarudaMiles untuk Penukaran Yay Points Langsung dari Aplikasi

“Jenius punya fitur yang lengkap untuk membantu masyarakat digital savvy mengelola berbagai kebutuhan finansial, termasuk dalam mengatur cash flow. Salah satunya ada Flexi Cash, dana fleksibel dengan limit hingga Rp200 juta yang dapat dicairkan sesuai kebutuhan," kata Febri

"Kami juga menyediakan Jenius Paylater untuk kebutuhan transaksi harian yang dapat dibayar pada bulan berikutnya. Teman Jenius juga dapat memanfaatkan Kartu Kredit Jenius untuk mengatur cash flow dengan limit yang bisa dikelola sesuai kebutuhan,” tutupnya. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: