- Home
- /
- EkBis
- /
- Transportasi
KAI: 8 Hari Pasca Lebaran, Volume Kedatangan Penumpang ke Jakarta Masih Tinggi
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengatakan angka penumpang yang tiba menuju wilayahnya mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini Jumat 19 April 2024 terdapat sekitar 44.932 pengguna yang tiba.
Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, dari jumlah tersebut 19.000 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 13.300 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.700 penumpang di Stasiun Bekasi, 3.900 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Jumlah tersebut masih tergolong tinggi, hingga 2x lipat dari masa normal. Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.
Volume pengguna jasa yang berangkat di area Daop 1 pada Jumat 19 April 2024 kembali meningkat diandingkan hari Kamis (18/4) kemarin. Angka tersebut masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Secara total terdapat 29.000 pengguna berangkat meninggalkan Jakarta, 19.000 Penumpang untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 10.000 penumpang dari Stasiun Gambir. Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 64 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Untuk hari ini KA tambahan masih dijalankan, total terdapat 79 KA yang berangkat, dimana 38 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 41 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir.
Sementara berdasarkan data Jumat 19 April 2024 sekitar 807 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 3 s.d 11 April 2024. Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 4 s.d 10 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih 100 persen. Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.
Informasi Umum
Pada masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret (H-10) hingga 21 Mei (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 968.193 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.693 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 395 KA yang tiket nya sudah dapat dipesan sejak Rabu 06 Maret 2024. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang
Pemesanan tiket angkutan lebaran sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.
Sampai dengan saat ini, tempat duduk (TD) untuk KAJJ dengan keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tersedia sebanyak lebih dari 40 ribu seat (TD), untuk keberangkatan tanggal 19 s/d 21 April 2024 (masa Angkutan Lebaran 2024).
Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.
Baca Juga: Genap Berusia 63 Tahun, Bank DKI Jadi BUMD Penyumbang Dividen Terbesar di Jakarta
Informasi lebih lanjut terkait informasi tikrt dan perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement