Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengoptimalkan Ruang Digital untuk Pertumbuhan UMKM

Mengoptimalkan Ruang Digital untuk Pertumbuhan UMKM Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komisi I DPR RI, bekerjasama dengan Ditjen APTIKA Kominfo melaksanakan webinar Forum Literasi Digital dengan tema “Optimalisasi Ruang Digital Bagi UMKM”. Webminar ini dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2024.

Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI mengatakan, salah satu alasan webinar ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kesadaran UMKM untuk memanfaatan ruang digital yang dapat memberikan berbagai manfaat yang signifikan.

“UMKM mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan mampu menyerap tenaga kerja," ucapnya.

“Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat memperluas pasar, meningkatkan efisiensi, mendapatkan modal usaha lebih mudah, dan menjadi lebih kompetitif. Oleh karena itu, sudah saatnya UMKM memanfaatkan ruang digital secara maksimal untuk menjadikan bisnisnya lebih sukses dan berkelanjutan," tambahnya.

Fedri Ramadhani, selaku Ceo Kakoto Reflexology & Mgi Academy, juga menyetujui pendapat dari Meutya Hafid perihal banyaknya manfaat ruang digital bagi UMKM.

“Dengan adanya platform digital, UMKM dapat memperkenalkan produk mereka kepada calon konsumen yang berada di berbagai wilayah, bahkan di luar negeri. Hal ini tentu akan memberikan peluang bisnis yang lebih luas dan dapat meningkatkan omset penjualan," ucapnya.

“Namun, untuk dapat mengoptimalkan ruang digital, UMKM perlu memiliki kemampuan dan pengetahuan teknologi yang memadai," tambahnya.

Baca Juga: Melalui Digitalisasi UMKM, Jadilah Kreatif dalam Memanfaatkan Media Sosial

Setuju dengan dengan pernyataan Fedri Ramadhan, Reza Nugroho selaku Founder Ciptani mengatakan UMKM perlu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai cara memanfaat teknologi yang baik dan benar.

“Diperlukan pelatihan dan pendampingan yang intensif agar UMKM dapat memahami dan mengimplementasikan teknologi digital dengan baik," ucapnya.

“Selain itu, juga perlu adanya dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM serta inisiatif kita.

sebagai pelaku bisnis untuk memanfaat ponsel kita mencari berbagai macam pelatihan yang saat ini sudah banyak disediakan baik dari pemerintah maupun lembaga-lembaga tertenti," sambungnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: