Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Ikuti BTN Jakim 2024

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Ikuti BTN Jakim 2024 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan ‘BTN Jakarta International Marathon (Jakim) pada tanggal 23 Juni 2024. Lomba lari ini tidak hanya diikuti oleh atlet nasional, tetapi juga mengundang atlet-atlet internasional.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan mendukung acara ini. “Maka dari itu, saya minta partisipasi seluruh masyarakat,” ujarnya, saat menghadiri acara Pancanangan HUT ke-497 Kota Jakarta, yang digelar bertepatan dengan momen Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat,  Minggu (19/5/2024).

Baca Juga: Helat BTN Jakim 2024, Pemda DKI Jakarta Bakal Tutup 34 Ruas Jalan

Heru menyebutkan bahwa kegiatan bertaraf internasional seperti maraton ini penting untuk meningkatkan profil Jakarta di mata dunia. Dengan melibatkan berbagai negara, Jakarta semakin dikenal sebagai kota yang aktif dan dinamis di kancah internasional. Ini sejalan dengan tema besar yang diusung oleh HUT Jakarta tahun iniyakni "Jakarta Kota Global, Berjuta Pesona".

“Salah satu kegiatan supaya Jakarta tetap dikenal dunia, kita harus melaksanakan kegiatan-kegiatan bertaraf internasional. Salah satunya adalah di hari ulang tahun DKI ke-497, Pemrov DKI mengadakan Jakarta International Marathon yang akan diselenggarakan tanggal 23 Juni,” katanya.

Heru menambahkan, event ini tidak hanya menjadi ajang olahraga saja, tetapi juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk berkembang. Pasalnya, Pemrov DKI memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha di sektor UMKM untuk menjual produknya seperti sepatu dan pakaian olahraga. “Semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, menyatakan bahwa rute BTN Jakim 2024 dimulai dari Monas dan berakhir di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). BTN Jakim 2024 menawarkan tiga kategori lomba: full marathon sejauh 42 kilometer, half marathon sejauh 21 kilometer, dan lomba lari 10 kilometer.

Event ini, lanjut dia, tidak hanya menantang tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk memenangkan hadiah total sebesar Rp3 miliar. “Selain itu, BTN sebagai sponsor utama akan memberikan satu unit rumah kepada pelari yang berhasil memecahkan rekor nasional,” jelasnya.

Biaya pendaftaran untuk peserta dalam negeri bervariasi: Rp750 ribu untuk kategori full marathon, Rp550 ribu untuk half marathon, dan Rp400 ribu untuk lomba lari 10 kilometer. Sementara peserta luar negeri dikenakan biaya Rp1,025 juta untuk kategori full marathon.

Baca Juga: Gak Mau Bikin Warganya ' Susah', Pemprov DKI Janjikan Ini Saat Libur Lebaran...

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, memastikan bahwa seluruh pelari akan dijamin keamanannya. Jalur maraton akan disterilkan dari kendaraan bermotor. Sebanyak 35 ruas jalan akan diisolasi untuk para pelari. Tidak ada kendaraan bermotor yang akan melintas di sepanjang rute tersebut.

Untuk mendukung kelancaran acara, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 16 rute alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan akses sepanjang Sudirman-Thamrin. Angkutan umum seperti TransJakarta akan mengalami penyesuaian rute dengan total 58 rute yang akan diubah sementara. MRT, LRT, dan KRL akan tetap beroperasi seperti biasa, namun dengan penambahan jam operasional untuk memfasilitasi peserta dan pengunjung maraton.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: