Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelayanan Makin Baik Buat Pengaduan Turun Drastis, Laba PLN Pun Naik Fantastis

Pelayanan Makin Baik Buat Pengaduan Turun Drastis, Laba PLN Pun Naik Fantastis Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, memberikan respons positif terhadap kinerja PT PLN (Persero) yang berhasil menurunkan jumlah pengaduan bersamaan dengan peningkatan laba usaha.

“Pengaduan terkait pemadaman bergilir, khususnya pada sistem besar, nyaris tidak ada. Bahkan PLN sudah tidak masuk dalam 10 besar perusahaan dengan jumlah pengaduan tertinggi yang diterima oleh YLKI,” ujarnya, Jakarta, Selasa (4/6/2024). 

Menurut Tulus, pelayanan PLN sebagai pemasok energi listrik kepada publik dan konsumen mengalami perbaikan signifikan dalam lima tahun terakhir. Hal ini terlihat dari karakter dan jumlah pengaduan yang diterima dari konsumen.

Sementara itu, di tengah peningkatan layanan kepada pelanggan, PLN mampu meningkatkan laba usaha menjadi Rp22 triliun. “Ini harus diapresiasi. Meningkatkan layanan sekaligus meningkatkan laba usaha bukanlah hal yang mudah,” tambahnya.

Baca Juga: Naik 3,5 juta, Golongan Rumah Tangga Dominasi Jumlah Pelanggan PLN

Secara rinci, Tulus menjelaskan bahwa laba PLN pada 2023 dihasilkan dari total pendapatan usaha yang mencapai Rp487,38 triliun, meningkat Rp46,25 triliun dibandingkan dengan periode 2022.

Pendapatan sebesar itu, lanjutnya, diraih melalui berbagai upaya seperti transformasi menyeluruh dan diversifikasi produk serta layanan kepada masyarakat luas sebagai konsumen.

“Melalui beragam inovasi tersebut, PLN sukses meraih pendapatan penjualan tenaga listrik sebesar Rp333,19 triliun, bertambah Rp22,13 triliun dari periode 2022,” kata Tulus.

Baca Juga: Bangun Generasi Emas, Srikandi PLN EPI Laksanakan Srikandi Mengajar dan Peduli Pendidikan pada Dua Instansi Pendidikan di Jakarta Selatan

Tulus juga meminta PLN untuk terus berkomitmen melakukan transformasi di semua lini, terutama dalam layanan pelanggan, guna mempertahankan tingginya perolehan laba.

Tulus menyampaikan apresiasi kepada PLN yang terus sigap dan responsif melayani masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi tim PLN yang sigap dalam merespons kepentingan-kepentingan pelanggan,” tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: