Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

100 Juta Wisatawan Siap Digaet Jabar di 2024

100 Juta Wisatawan Siap Digaet Jabar di 2024 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan domestik ke Jabar tembus 100 juta orang. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara ditargetkan sebanyak 1 juta orang. 

"Kita targetkan tahun ini bisa menembus 100 juta wisatawan domestik dan minimal 1 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Jabar," kata Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman di Kota Bandung, Jumat (7/6/2024). 

Baca Juga: Soal UU KIA FHPK, APINDO Jabar Angkat Bicara

Menurutnya, target tersebut meningkat dari sebelumnya. Wisatawan domestik yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Jabar pada 2023 tercatat sebanyak 85 juta orang. Sedangkan wisatawan mencanegara sebanyak 740.000 orang. 

Herman optimistis, target yang ditetapkan tahun ini dan ke depan bisa tercapai. Kuncinya adalah kolaborasi Pentahelix, salah satunya dengan pelaku jasa pariwisata. 

"Saya yakin target itu bisa, asal kita bekerja, kolaborasi, sabilulungan," ujarnya.

Optimisme tersebut didorong dengan penguatan regulasi sektor pariwisata, peningkatan fasilitas hingga kemudahan akses ke destinasi wisata. 

"Pemprov Jabar akan memperkuat regulasi, meningkatkan fasilitas serta anggaran. Itu komitmen kami," katanya.

Herman mengatakan  pariwisata merupakan salah satu sektor strategis pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, Pemda Provinsi Jabar menaruh perhatian tinggi terhadap pembangunan pariwisata. 

"Laju pertumbuhan ekonomi terus kita naikkan dan salah satu sektor strategis untuk menggerakkan roda ekonomi di Jabar adalah pariwisata. Karena itu kami memberikan perhatian yang serius terhadap pembangunan pariwisata," jelasnya.

Jabar memiliki potensi pariwisata melimpah yang tersebar di setiap kabupaten dan kota, mulai dari pantai, laut, gunung hingga ekonomi kreatif. Paket komplet yang dimiliki Jabar ini membuat kunjungan wisatawan terus  meningkat setiap tahunnya. 

Baca Juga: Sekda Jabar Tawarkan Investasi Kawasan Rebana ke 24 Negara

"Industri pariwisata Jabar terus bergairah, terlihat dari kunjungan wisatawan yang selalu meningkat setiap tahunnya," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: