Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei Ipsos Ungkap Live Streaming E-commerce Bikin Omzet Pedagang Makin Ngacir

Survei Ipsos Ungkap Live Streaming E-commerce Bikin Omzet Pedagang Makin Ngacir Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, mengungkapkan bahwa berbelanja online melalui live streaming (live shopping) menjadi tren yang kian populer dalam industri ecommerce selama beberapa tahun terakhir. Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.

Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen. Fitur dan layanan ini mampu menciptakan pengalaman belanja yang lebih dari sekedar kegiatan jual-beli dan menghadirkan kedekatan antara penjual dengan konsumen.

Menurut survei tersebut, Shopee Live menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67%, jauh memimpin dibandingkan dengan TikTok Live (25%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%).

Baca Juga: Survei Ipsos: Fitur Live Streaming Milik Shopee Paling Digemari UMKM dan Brand Lokal

Hal ini sejalan dengan hasil temuan survei IPSOS, dimana Shopee Live (63%) dianggap oleh brand lokal dan UMKM sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, diikuti oleh TikTok Live (25%), Lazada Live (7%), dan Tokopedia Play (6%). 

"Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar," kata Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma di Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Masih dalam survei yang sama, dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka. Jauh melampaui para pesaingnya seperti TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%).

"Tidak hanya memberikan dampak terhadap omzet, Shopee Live juga dipilih oleh para seller sebagai fitur live streaming yang memberikan keuntungan terbaik (67%) bagi bisnis mereka, lalu diikuti oleh TikTok Live (26%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (3%)," tambahnya.

Dalam survei tersebut, para brand lokal dan UMKM di Indonesia yang menggunakan fitur live streaming e-commerce, mengungkapkan bahwa Shopee Live dengan 64% mendominasi posisi sebagai fitur live streaming yang paling membantu brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh. Angka ini jauh mengungguli e-commerce lainnya seperti TikTok Live (27%), disusul Lazada (6%) dan Tokopedia Play (3%).

Baca Juga: Jadi Pemain Lama di Jasa Kurir, Ternyata Pertumbuhan JNE Ditopang Layanan eCommerce

Adapula aspek keunggulan lainnya pada Shopee Live, yaitu dalam memberikan edukasi kepada penjual. Sebanyak 65% brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat dan membantu para penjual. Hal ini menunjukkan adanya komitmen pada platform tersebut dalam membekali para penjual yang bergabung dengan pengetahuan dan keahlian agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal dalam penjualan live streaming. Delain itu, adopsi program serupa di e-commerce lainnya masih tertinggal cukup jauh, dengan TikTok Live (28%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%).

“Dengan data-data ini, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi platform live streaming pilihan utama brand lokal dan UMKM. Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan oleh para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dan memberikan hasil omzet terbesar bagi brand lokal dan UMKM,” tutur Andi Sukma.

Adapun survei melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel. Survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: