Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gunakan Bahasa Sesuai Norma-Norma Sosial

Gunakan Bahasa Sesuai Norma-Norma Sosial Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Blitar -

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) menyelenggarakan webinar #MakinCakapDigital2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur bertemakan “Pengembangan Budaya & Seni Indonesia di Media Digital” pada Senin (10/6/2024).

Survei dari We Are Social dan Kepios 2022 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 204 juta pengguna atau sudah digunakan oleh 73,7 persen penduduk Indonesia.

Sejumlah 80,1 persen penduduk Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi dan dapat menghabiskan waktu 8 jam 36 menit dalam satu hari menggunakan internet.

Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

Sosialisasi literasi digital secara merata semakin urgen, sehingga Indonesia dapat menjadi digital nation yang bermartabat, berkeadilan, dan berdaya saing. Sebagai masyarakat digital, setiap individu sekarang ini wajib memperkenalkan budaya dan seni Indonesia melalui media digital.

Baca Juga: Wanita Produktif Melalui Media Sosial dan Komunitas Digital Kreatif

Managing Director Kaizen Room & Pegiat Literasi Digital, Aidil Wicaksono Indonesia merupakan negara multilingualisme karena punya 718 bahasa ibu. Hal ini membuat Indonesia tidak bisa dipisahkan dari multikulturalisme. Setiap individu harus memahami fungsi bahasa, khususnya untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial.

“Bahasa yang baik belum tentu benar. Penggunaannya harus disesuaikan dengan situasi dan keadaan. Melihat kepada siapa kita berbicara,” kata Aidil saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin (10/6/2024).

Masyarakat perlu menyadari penggunaan bahasa yang tidak tepat dapat memicu emosi berbeda. Sehingga setiap individu harus hati-hati, apalagi setiap konten yang dibagikan di media sosial sekarang ini bisa mengubah hidup orang lain.

Akademisi UNITOMO - Ketua Umum P2BPT, Meithiana Indrasari menambahkan, pemahaman kecakapan digital diharapkan mendorong masyarakat terus meningkatkan kemampuan. Sehingga setiap individu dapat memanfaatkan ruang digital secara maksimal, menggunakan teknologi dengan aman dan nyaman, hingga lebih produktif di ruang digital.

“Ketika kita bisa memanfaatkan segala teknologi dengan cara baik, kita sangat bisa menikmati ruang digital dengan baik pula,” kata Meithiana.

Masyarakat diharapkan mampu menggunakan perangkat digital secara optimal, khususnya perangkat lunak. Dengan begitu, setiap individu memahami cara mengatasi serangan siber yang berpotensi mengancam keamanan digital.

Dalam kesempatan sama, Trainer Komunikasi, Public Speaking Coach, Bayu Oktara mengatakan, masyarakat perlu meningkatkan pemahaman keamanan digital, sehingga tidak lagi menjadi korban salah transfer atau dibohongi ketika menggunakan media digital.

Baca Juga: Dongkrak Pertumbuhan, Visa Bekali UKM Perempuan dan Generasi Muda dengan Literasi Digital

“Pastikan menggunakan koneksi yang aman. Hati-hati terhadap tautan mencurigakan dan tempat Anda klik,” kata Bayu.

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Managing Director Kaizen Room & Pegiat Literasi Digital, Aidil Wicaksono, Akademisi UNITOMO - Ketua Umum P2BPT, Meithiana Indrasari, dan Trainer Komunikasi, Public Speaking Coach, Bayu Oktara sebagai key opinion leader (KOL).

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: