Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bikin Bangga, BTN JAKIM 2024 Diakui Sebagai Ajang Marathon Berkelas Dunia

Bikin Bangga, BTN JAKIM 2024 Diakui Sebagai Ajang Marathon Berkelas Dunia Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Warga Jakarta patut berbangga, BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 berhasil meraih predikat World Athletics Label Road Races. Dengan predikat tersebut, BTN JAKIM 2024 menjadi salah satu ajang marathon berkelas dunia dan diakui oleh badan atletik dunia yakni World Athletics.

“Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari PB PASI, kami sangat bersyukur BTN JAKIM 2024 dapat meraih predikat Label Road Races dari World Athletics. Saya kira warga Jakarta patut berbangga dengan pencapaian ini. Kami berharap pelaksanaan BTN JAKIM 2024 pada 23 Juni mendatang bisa berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan berbagai pihak serta memenuhi persyaratan dari World Athletics,” ujar PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Sukses Tekan Emisi Karbon, BTN Borong Dua Penghargaan dari BGK Foundation

Heru menjelaskan, diraihnya predikat Label Road Races untuk BTN JAKIM 2024, dikarenakan pada event tersebut, rutenya akan dilakukan sterilisasi dari segala kegiatan termasuk Car Free Day (CFD). Untuk itu, Pemda Jakarta berharap masyarakat bisa bekerjasama menyukseskan BTN JAKIM 2024 yang dihelat dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta yang ke-497. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, dengan adanya sterilisasi rute pada jalan yang dilalui pelari BTN JAKIM 2024 tersebut, pihaknya memohon maaf kepada masyarakat yang terganggu karena adanya penutupan jalan pada 34 ruas jalan yang dilalui pelari.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat. Kami berharap masyarakat turut meramaikan dan memeriahkan HUT  Jakarta termasuk di dalamnya event BTN JAKIM 2024,” katanya.

Rencananya penutupan 34 ruas jalan di Jakarta pada 23 Juni 2024 akan dilakukan mulai pukul 02.00 WIB dini hari hingga pukul 12.00 WIB siang.  Adapun 34 ruas jalan yang bakal ditutup antara lain: Jalan Medan Merdeka, Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Gatot Subroto, Jalan Lapangan Banteng, Jalan Senopati, Jalan Prapanca, Jalan Hasanudin, Jalan Iskandarsyah dan Jalan Gerbang Pemuda.

Sedangkan Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengaku gembira dan mengapresiasi kerja keras seluruh pihak termasuk Pemda Jakarta yang telah berhasil membuat BTN JAKIM 2024 meraih predikat Label Road Races dari World Athletics. “Ini tentu kabar gembira bagi para pelari yang akan mengikuti ajang BTN JAKIM 2024. Warga Jakarta patut berbangga dengan hal ini,” jelasnya.

Baca Juga: 232 Pelari Asing dari 32 Negara Bakal Meriahkan BTN JAKIM 2024

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) akan menggelar ajang Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024. 

Perhelatan BTN JAKIM 2024 ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta ke-497, sekaligus meningkatkan peran Kota Jakarta sebagai kota sport tourism. 

Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42K), Half Marathon (21K) dan 10K. Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: