Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

10 Tips Aman Saat Pertama Kali Tinggal di Apartemen Jakarta

10 Tips Aman Saat Pertama Kali Tinggal di Apartemen Jakarta Kredit Foto: Unsplash/Zahra Wijayanti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tinggal di apartemen di Jakarta bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nyaman, terutama bagi mereka yang baru pertama kali merasakan kehidupan di kota besar.

Namun, agar pengalaman tersebut tetap aman dan menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Dilansir dari jendela360.com, berikut adalah beberapa tips aman yang bisa Anda ikuti saat pertama kali tinggal di apartemen di Jakarta.

1. Kenali Lingkungan Sekitar

Sebelum Anda benar-benar pindah, luangkan waktu untuk mengenal lingkungan sekitar apartemen. Cari tahu fasilitas apa saja yang tersedia seperti minimarket, rumah sakit, stasiun transportasi, dan pusat perbelanjaan.

Misal, saat ini Anda sedang mencari apartemen di Jakarta Selatan, maka Anda harus terlebih dahulu mengenali lingkungan sekitar karena ini akan membantu merasa lebih nyaman dan aman.

2. Pelajari Sistem Keamanan Apartemen

Setiap apartemen biasanya memiliki sistem keamanan yang berbeda-beda. Pastikan Anda memahami cara kerja sistem keamanan di apartemen Anda, mulai dari cara penggunaan kartu akses, CCTV, hingga prosedur darurat jika terjadi sesuatu. Jangan ragu untuk bertanya kepada manajemen apartemen jika ada hal yang kurang jelas.

3. Kunci Pintu dan Jendela dengan Baik

Meskipun apartemen dilengkapi dengan sistem keamanan, tetap penting untuk selalu mengunci pintu dan jendela dengan baik. Pastikan kunci pintu berfungsi dengan baik dan pertimbangkan untuk menambahkan pengaman tambahan seperti rantai atau deadbolt untuk keamanan ekstra.

4. Jalin Hubungan dengan Tetangga

Memiliki hubungan yang baik dengan tetangga dapat meningkatkan rasa aman Anda. Kenalan dengan tetangga di sekitar Anda, bertukar nomor telepon untuk keadaan darurat, dan saling menjaga satu sama lain. Tetangga yang baik dapat menjadi mata tambahan untuk mengawasi apartemen Anda ketika Anda sedang tidak berada di tempat.

5. Simpan Nomor Penting

Selalu simpan nomor telepon penting seperti manajemen apartemen, keamanan, dan layanan darurat di tempat yang mudah diakses. Hal ini akan sangat membantu jika Anda membutuhkan bantuan dengan cepat.

6. Waspadai Tamu yang Datang

Selalu waspada terhadap tamu yang datang ke apartemen Anda. Jangan langsung membukakan pintu untuk orang yang tidak Anda kenal. Gunakan interkom atau lubang intip untuk memastikan identitas tamu sebelum membukakan pintu.

Baca Juga: Laporan Pinhome: Resiliensi Pasar Properti Indonesia Didorong Pembeli Rumah Pertama dan Millennial di Q1 2024

7. Atur Barang Berharga dengan Baik

Simpan barang-barang berharga Anda di tempat yang aman. Pertimbangkan untuk menggunakan brankas kecil untuk menyimpan barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan dokumen penting.

8. Gunakan Asuransi

Memiliki asuransi adalah langkah penting untuk melindungi barang-barang Anda dari risiko seperti pencurian, kebakaran, atau bencana lainnya. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

9. Perhatikan Keamanan Elektronik

Pastikan semua peralatan elektronik di apartemen Anda dalam kondisi baik dan aman digunakan. Jangan biarkan peralatan elektronik dalam keadaan menyala jika Anda tidak menggunakannya atau sedang tidak berada di rumah. Hal ini untuk menghindari risiko kebakaran atau kerusakan lainnya.

10. Selalu Siap dalam Keadaan Darurat

Selalu siapkan tas darurat yang berisi barang-barang penting seperti obat-obatan, dokumen penting, air, makanan ringan, senter, dan uang tunai. Tas darurat ini akan sangat berguna jika terjadi keadaan darurat yang memaksa Anda untuk meninggalkan apartemen dengan cepat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman saat tinggal di apartemen di Jakarta. Keamanan adalah prioritas utama, jadi selalu waspada dan persiapkan diri Anda dengan baik.

Selamat menikmati pengalaman baru tinggal di apartemen!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: