Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

10.000 Dam Jemaah Haji Disalurkan Baznas di Makkah

10.000 Dam Jemaah Haji Disalurkan Baznas di Makkah Kredit Foto: Kementerian Agama
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengumumkan penyaluran daging dam jemaah haji untuk sekolah-sekolah Indonesia di Makkah. Ia juga berharap hal ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan di Indonesia.

"Kurang lebih ini ada 10.000 dam jemaah haji, sebagian dari petugas dan Amphuri, dengan per-pack seberat 2,5 kilogram," ujar Ketua Baznas, Noor Achmad,dilansir Jumat (21/06/2024).

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Tanggapi Kritikan Cak Imin Soal Pelayanan Haji 2024: Saya Kira...

Kiai Noor berharap, jumlah dam yang disalurkan bisa meningkat di masa mendatang, sesuai dengan jumlah jemaah haji Indonesia.

"Kalau nanti misalnya bisa 200 ribu kambing yang disembelih, baik itu yang diberikan di sini atau yang dikirim ke Indonesia, manfaatnya sangat besar sekali. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama yang telah memfasilitasi ini," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief, menambahkan beberapa aspek terkait dam jemaah haji, termasuk sharia compliance yang harus dipatuhi oleh semua pihak.

"Kita bicara tentang standar hewan yang akan dikurbankan, usia, kondisi kesehatan, serta berat pada hewan kurbannya. Hal ini memastikan bahwa jemaah membayar hewan yang dikurbankan sesuai syariat untuk disembelih dan dikelola dengan baik," terangnya.

Hilman berharap, panduan yang telah disusun dapat membawa manfaat besar baik untuk masyarakat di tanah air maupun di Makkah.

Baca Juga: Tim Pengawas Haji DPR RI Temukan Masalah dalam Penyelenggaraan Haji 2024

"Kami mempercayakan pemanfaatannya kepada BAZNAS yang telah bekerja sama dengan berbagai pihak. Kami berharap daging Dam ini bisa didistribusikan kepada mereka yang sangat membutuhkan," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: