Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPDPKS Kolaborasi, Hadirkan Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit Guna Dongkrak Produktivitas Petani Sumut

BPDPKS Kolaborasi, Hadirkan Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit Guna Dongkrak Produktivitas Petani Sumut Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

IPB Training ditunjuk kembali oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) untuk menyelenggarakan pelatihan mengenai Teknis Budidaya Kelapa Sawit di Sumatera Utara (Sumut). 

Narasumber IPB, Hariyadi menyampaikan bahwa luas perkebunan sawit rakyat mencapai 6,21 juta hektar atau 40,51% dari total luas areal perkebunan sawit di Indonesia pada tahun 2022. 

Baca Juga: Salah Kaprah Nama Minyak Sawit, Direktur Eksekutif GIMNI: Jangan CPO, tapi High Quality Oil!

"Namun dalam aplikasi budidaya, saya yakin masih mengandalkan pengetahuan masing-masing. Sehingga pelatihan ini menjadi momen yang tepat untuk petani belajar ilmu dan teknologi yang sesuai dan belajar bagaimana aplikasi Good Agricultural Practices (GAP) untuk budidaya kelapa sawit," katanya, Jumat (21/6/2024).

Harapannya dari pelatihan ini, petani dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Sehingga menjadi petani yang cerdas, pintar, dan berkualitas. Petani yang dapat mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan selama pelatihan sehingga produktivitas bisa meningkat dan naik kelas.

Koordinator atau Ketua Kelompok Bidang SSP (Standarisasi Sertifikasi Profesi), Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian, Eka Herrisuparman menyampaikan bahwa IPB Training merupakan salah satu lembaga pelatihan yang sudah terakreditasi, sehingga berharap bahwa pelatihan ini benar-benar dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian petani dalam budidaya kelapa sawit.

Sementara Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Sofyan mengatakan fokus utama topik pelatihan hari ini adalah teknis budidaya kelapa sawit. Pihaknya berharap agar petani dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan kompetensi sehingga bisa melakukan budidaya dengan baik.

“Pelatihan ini bukan serta merta langsung berjalan, namun terjadi karena atas apa yang telah diusahakan dari tahun lalu. Sehingga kami dari Dinas Kabupaten Asahan sangat berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik," ujarnya.

Adapun pembukaan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara,Banua Pane. Ia berharap dengan pelatihan ini, petani tidak hanya asal tanam sawit, namun bisa memahami GAP yang akan disampaikan oleh tim trainer dari IPB Training.

"Saya juga berharap peserta bisa mengikuti pelatihan dengan santai namun juga dengan serius, jangan sampai melewatkan semua sesi yang sudah diberikan oleh tim IPB Training. Silakan bisa menggali semua ilmu pengetahuan dan pengalaman dari tim narasumber serta menikmati semua fasilitas yang diberikan oleh panitia," katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada pekebun sawit mengenai kegiatan budidaya kelapa sawit dan pembenihan kelapa sawit di industri.

Baca Juga: Petrus Tjandra: Soal Sawit Indonesia Tidak Suci-Suci Amat

Peserta sangat antusias dan saling berdiskusi mengenai pengalaman pada masing masing kebun. Melalui kunjungan lapangan yang bermanfaat ini, para peserta memperoleh informasi praktis yang berharga tentang cara menyemai, memilih dan merawat tanaman kelapa sawit.  Mereka merasa terinspirasi dan siap menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk menghadapi tantangan masa depan terkait sektor kelapa sawit.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: