Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wejangan Bos SKK Migas buat IKA ITS: Mari Berkontribusi Bagi Kemajuan Industri Nasional

Wejangan Bos SKK Migas buat IKA ITS: Mari Berkontribusi Bagi Kemajuan Industri Nasional Kredit Foto: Screenshot
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengurus Ikatan Alumni Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKATL ITS) kembali menggelar diskusi bertema 'Cangkrukan Bareng'. Dua tokoh Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) hadir, yakni Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Direktur PT Pembangunan Jaya Sutopo Kristanto.

Adapun tema diskusi dalam Cangkrukan Bareng kali ini membahas kepemimpinan membangun organisasi yang agile, mandiri, dan bermanfaat. Dalam pembahasan tersebut juga dibahas terkait kolaborasi dan upaya memperkuat jaringan antar alumni ITS jelang penyelenggaran Kongres IKA ITS pada 9-10 Agustus 2024 mendatang. 

Dwi Soetjipto dalam acara tersebut mendorong agar dalam penyelenggaran kongres IKA ITS tidak hanya mengutamakan pergantian kepemimpinan. Dia meminta ikatan alumni ITS juga membahas berbagai pemikiran untuk pemerintahan ke depan.

Baca Juga: Berhasil Terapkan AI Untuk Mendapatkan Giant Discovery, Kepala SKK Migas Minta Eksploitasi Gunakan AI

"Kongres yang akan datang, jangan lupa ada sesi mengenai apa yang bisa kita sampaikan kepada pemerintahan yang baru nanti untuk Indonesia menghadapi era emas 2045 nanti," ujar Dwi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Mantan ketua umum IKA ITS tersebut juga mengingatkan pentingnya mengutamakan persatuan dalam persaingan. Dengan cara itu, dia meyakini akan melahirkan kolaborasi sekaligus memperkuat jaringan antar alumni ITS.

"Dengan kontribusi yang kita hasilkan, nantinya dipakai untuk melahirkan invetasi yang lebih baik bagi negara ini dan membangun industrinya. Sehingga kita bisa menunjukkan kapasitas nasional cukup dan tidak harus kita mendatangkan dari pihak lain," kata Dwi menambahkan.

Ketua Umum IKA ITS Sutopo dalam diskusi membanggakan posisi ikatan alumni ITS saat ini cukup membanggakan. Kondisi ini dikarenakan IKA ITS terpilih sebagai ketua presidium Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni).

Meski begitu, Sutopo memiliki catatan kritis terkait peran banyak alumni ITS yang selama ini dirasa belum berani menggairahkan dunia politik nasional. Sejauh ini hanya sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berada pada posisi pengambil kebijakan nasional.

"Karena standing politik itu penting. Jadi kita telah banyak tokoh-tokoh dari ITS yang bergerak di segala bidang, tapi dalam sisi yang memengaruhi kebijakan masih kurang," kata Sutopo menegaskan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IKATL ITS Darmawan Pramana, mengapresiasi kehadiran para tokoh IKA ITS. Diakui dalam diskusi ini, banyak hal menarik yang dihasilkan dari pemikiran kedua tokoh termasuk membuat badan hukum agar IKATL ITS bisa berbisnis dan mampu membiayai tiap kegiatannya.

Jelang kongres IKA ITS 2024, Darmawan juga menegaskan pihaknya mendukung penuh suksenya penyelenggaran tersebut. Dia memastikan bahwa alumni teknik lingkungan ITS sudah memiliki data anggota yang lengkap sehingga dipastikan mendukung penuh dalam pemilihan ketua umum IKA ITS nanti..

"Kami dan teman-teman IKATL ITS telah terdaftar dan akan mendukung penuh. Langkah ini sekaligus bentuk dukungan konkret atas kongres IKA ITS," jelas Darmawan.

Baca Juga: Deretan Bos BUMN hingga Pengusaha Calon Ketum IKA ITS Didorong Perkuat Isu Kelestarian Lingkungan

Diketahui terdapat tujuh bakal calon yang telah memenuhi syarat dan akan bersaing untuk menggantikan Ketua Umum IKA ITS Sutopo Kristanto. Para calon ketua umum ini berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari direktur BUMN hingga pengusaha. 

Adapun ketujuh bakal calon ketua umum IKA ITS sebagai berikut:

  1. Ir Boy Robyanto, ST MT, ITS angkatan 1991 - Direktur Investasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero)
  2. Dr Faizal R Djoemadi, M.Sc, ITS angkatan 1986 - Direktur Utama PT POS Indonesia
  3. Jogyo Susilo, ST, ITS angkatan 1988 – Pengusaha/Ketua Umum Himpunan Pengusaha Alumni ITS
  4. Dr Ir Muhammad Fauzan ST, MM, IPU, ACPE, CRE, ITS angkatan 1993 - Direktur Human Capital & Legal – PT Hutama Karya (Persero)
  5. Munadi Herlambang, ST, MA, ITS angkatan 1997 - Direktur Institutional PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
  6. Pradipa Dinar Mukti, ST, ITS angkatan 2008 - Engineer, PT Pertamina
  7. Ir Wiluyo Kusdwiharto, ST, MBA, IPU, ASEAN Eng, ITS angkatan 1989 - Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: