Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tambah 1.800 BTS dalam Setahun, Trafik Data Indosat di Jabar Naik 13,8 Persen

Tambah 1.800 BTS dalam Setahun, Trafik Data Indosat di Jabar Naik 13,8 Persen Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Sejalan dengan kinerja perusahaan yang positif secara nasional, Indosat Regional West Java turut mencatatkan pertumbuhan yang menjanjikan hingga semester I 2024. 

Hal ini tercermin dari peningkatan trafik data hingga 13,8% YoY, selaras dengan peningkatan jumlah pelanggan berkualitas sebanyak lebih dari 160 ribu pelanggan secara YoY hingga akhir Juni 2024.

Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan pencapaian ini tidak lepas dari komitmen Indosat untuk terus melakukan perluasan dan peningkatan kualitas jaringan, serta menghadirkan pengalaman yang mengesankan (marvelous experience) bagi semua pelanggannya. 

"Total BTS 4G di wilayah Jawa Barat telah bertambah hampir 1.800 BTS 4G atau meningkat 11% YoY hingga akhir Juni 2024," kata Vikram kepada wartawan secara daring saat saat mengumumkan hasil kinerjanya untuk paruh pertama tahun 2024 (1H2024), Selasa (30/7/2024).

Vikram menyebutkan hingga akhir tahun 2024, Indosat akan terus melakukan perkuatan jaringan di wilayah Jawa Barat, termasuk hingga ke pelosok pedesaan dan wilayah rural. 

"Pengembangan ini menjadi bagian dari upaya mewujudkan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, pada 1H2024, Indosat mempertahankan pertumbuhan pendapatan total dua digit yang meningkat sebesar 13,4%year-on-year (YoY) menjadi Rp27.976,3 miliar. 

Indosat mencatat EBITDA yang mengesankan dengan pertumbuhan lebih cepat dari pendapatan, meningkat sebesar 17,8% YoY menjadi Rp13.412,2 miliar, sementara margin EBITDA mencapai 47,9% di 1H2024, menegaskan kemampuan Indosat untuk mengkonversi pendapatan menjadi keuntungan secara efisien. 

Baca Juga: Kinerja Solid, Indosat Siap Akselerasi Pemerataan hingga Ujung Barat Indonesia

Profitabilitas ini menunjukkan keuangan Indosat yang sehat dan solid, serta kapasitasnya untuk menghasilkan keuntungan yang substansial bagi para pemangku kepentingan. 

Dengan hasil yang mengesankan ini, Indosat mencatatkan Laba Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp2.734,7 miliar, tumbuh 43,3% YoY dan mempertahankan tren kinerja positif selama lebih dari tiga tahun berturut-turut.

“Hasil yang kami catatkan di paruh pertama tahun 2024 membuktikan strategi cermat kami dalam mendorong kemajuan perusahaan. Kinerja luar biasa ini mencerminkan dedikasi kami untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan sekaligus memberdayakan ekonomi digital Indonesia," jelasnya.

Selain itu, Indosat mengakselerasi perjalanan menuju menjadi AI Native TechCo, menunjukkan komitmen untuk memanfaatkan teknologi mutakhir guna mendorong inovasi dan pertumbuhan masa depan.

Menurutnya, dengan inovasi teknologi tersebut basis pelanggan Indosat meningkat sebesar 900 ribu pelanggan baru, mencapai 100,9 juta pelanggan pada akhir 1H2024. 

$Pertumbuhan ini berkontribusi pada peningkatan dari 13,4% YoY menjadi 7.965 Petabyte (PB)," ujarnya.

Baca Juga: BNI dan Indosat Jalin Kerja Sama Sediakan Layanan Finansial dan Teknologi Informasi

Indosat terus melakukan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringannya. Belanja modal (Capex) di 1H2024 mencapai Rp4.520,6 miliar, di mana sekitar 89,8% dari belanja modal dialokasikan untuk layanan seluler guna mendukung permintaan pertumbuhan layanan data, sementara selebihnya dialokasikan untuk MIDI dan TI.

Sebagai bagian dari penguatan bisnis inti, Perusahaan telah mengoperasikan sekitar 188.000 BTS 4G, menambah sekitar 22.000 BTS 4G selama paruh pertama tahun 2024. Ekspansi signifikan ini dilengkapi dengan penyebaran 103 BTS 5G, yang menegaskan komitmen Indosat untuk memajukan infrastruktur jaringannya.

"Dengan meningkatkan cakupan dan kapasitasnya, Indosat memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik yang mendorong loyalitas dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: