Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas Umumkan Maskot Baru Indonesia untuk World Expo 2025

Bappenas Umumkan Maskot Baru Indonesia untuk World Expo 2025 Kredit Foto: Bappenas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kompetisi Desain Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN)/Bappenas, mencapai puncaknya hari ini. Dari lima finalis yang terpilih, desain maskot bernama Tumtum karya Daud Nugraha asal Bandung dinyatakan sebagai pemenang utama.

Tumtum, yang terinspirasi dari motif batik Truntum, melambangkan harapan, kesetiaan harmonis, dan potensi yang selalu berkembang. Nama Tumtum sendiri berasal dari kata 'Taruntum', yang berarti tumbuh kembali atau semarak kembali. Desain maskot ini berhasil menangkap esensi keindahan dan kekayaan budaya Indonesia serta menyampaikan pesan inovasi dan keberlanjutan, sesuai dengan tema Paviliun Indonesia “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future”.

Vivi Yulaswati, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/Bappenas, menyatakan, pihaknya sangat terkesan dengan kreativitas yang ditunjukkan oleh para peserta. 

Baca Juga: Bappenas Ajak Masyarakat Pilih Desain Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka

“Tumtum akan memperkuat identitas Indonesia di World Expo 2025 Osaka dan menjadi simbol kebanggaan nasional,” ujar Vivi, di Jakarta, Kamis (5/9/2024). 

Sebagai pemenang, Daud Nugraha menerima hadiah sebesar Rp35 juta dan kesempatan eksklusif untuk melakukan perjalanan ke Osaka, Jepang, untuk menyaksikan karyanya sebagai bagian dari Paviliun Indonesia. 

“Merupakan kehormatan besar karya saya dipercaya dan dipilih sebagai pemenang. Saya berharap TUMTUM akan bisa menjadi duta yang efektif untuk Indonesia di World Expo 2025 Osaka; mencerminkan kekayaan, semangat, dan keistimewaan bangsa kita,” ujar Daud. 

Maskot Tumtum akan diperkenalkan kepada masyarakat luas melalui berbagai kanal komunikasi sebagai bagian dari kampanye promosi menjelang World Expo 2025 Osaka, yang akan berlangsung dari 13 April hingga 13 Oktober 2025. Event ini akan menjadi platform untuk memperkenalkan identitas bangsa dan menampilkan kemajuan serta solusi inovatif Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: