Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Komitmen Parveen Dalal dalam Membangun Mondelez Indonesia yang Berkelanjutan

Komitmen Parveen Dalal dalam Membangun Mondelez Indonesia yang Berkelanjutan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Parveen Dalal, Presiden Direktur Mondelez Indonesia, telah hampir tiga tahun menjalani perannya, mengelola dan memimpin bisnis di negara yang ia sebut penuh peluang dan keindahan alam. Dalam wawancara eksklusif bersama Warta Ekonomi, Parveen membagikan pandangannya tentang Indonesia, peluang bisnis, serta bagaimana Mondelez mengadaptasi strategi globalnya untuk menciptakan dampak positif di komunitas lokal.

Salah satu filosofi inti yang dipegang Mondelez adalah memberdayakan konsumen untuk memilih "camilan yang tepat". Pria asal India itu menekankan bahwa Mondelez berkomitmen menyediakan camilan yang tidak hanya lezat, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan kesehatan konsumen.

"Kami memberikan pilihan kepada konsumen untuk memilih camilan yang tepat pada waktu yang tepat," kata Parveen kepada Warta Ekonomi pada Selasa (24/09/2024) lalu.

Hal itu dibuktikan oleh adanya produk-produk Mondelez yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan konsumen di Indonesia, yang dirancang dengan mempertimbangkan keseimbangan antara rasa dan kesehatan.

Selain itu, Mondelez juga memegang pilar utama lainnya, yakni keberlanjutan, baik di skala global maupun di Indonesia. Parveen mengatakan, salah satu landasan strategi global Mondelez adalah mengarahkan konsumen ke 'camilan berkelanjutan'. Ini tidak hanya berarti menawarkan pilihan camilan yang lebih sehat, tetapi juga memastikan bahwa produk tersebut diproduksi secara berkelanjutan.

"Upaya ini meliputi penggunaan bahan baku yang bertanggung jawab, pengurangan limbah plastik, dan kemasan yang ramah lingkungan," tukas Parveen.

Baca Juga: Bangun Industri yang Berkeadilan, OJK Komitmen Ciptakan Fair Trade

Lebih lanjut, Parveen menjelaskan bahwa Mondelez terus menjalankan komitmennya untuk mencapai net zero plastik pada tahun 2050, termasuk di Indonesia. Tentunya upaya ini secara langsung berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Selain itu, Mondelez Indonesia juga menjalankan program Bijak Plastik Sejak Dini, yang berkolaborasi dengan sekolah-sekolah dan Kemendikbud untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya pengurangan limbah plastik.

Khrisma Fitriasari, Corporate Communication & Government Affairs Mondelez Indonesia menjelaskan bahwa keberhasilan program bijak plastik telah melibatkan banyak pihak. Sejak 2021, Mondelez Indonesia telah berhasil mengumpulkan lebih dari 100 ton limbah kemasan multilayer melalui program Bijak Plastik Sejak Dini.

Program ini menunjukkan komitmen kuat perusahaan terhadap keberlanjutan, tidak hanya melalui aksi internal perusahaan, tetapi juga kolaborasi eksternal dengan berbagai pihak terkait, termasuk sekolah-sekolah dan lembaga pemerintah.

Kemudian, penting diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu produsen kakao terbesar di dunia. Melihat hal itu, Mondelez, sebagai salah satu produsen cokelat terkemuka, merasa bertanggung jawab untuk mendukung petani kakao di negara ini. Program Cocoa Life, yang diluncurkan pada tahun 2012, telah berdampak positif pada lebih dari 40.000 petani kakao di Indonesia.

"Melalui program ini, Mondelez membantu para petani meningkatkan hasil panen mereka secara berkelanjutan dengan mengedukasi mereka tentang teknik pertanian yang lebih efisien," terang Parveen.

Program ini juga mencakup dukungan bagi komunitas lokal, menjangkau lebih dari 134.000 orang di wilayah pertanian kakao di Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan,

Baca Juga: Airlangga Hartarto Optimis IPEF Dukung Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia

Tak hanya itu, Mondelez juga memiliki Pusat Riset Kakao (PCTC) di Pasuruan, Jawa Timur, yang mendukung petani dengan teknologi terbaru dan sains untuk meningkatkan kualitas kakao mereka. Dalam program ini, Mondelez juga berkolaborasi dengan Puslitkoka di Jember untuk memperkuat inovasi dan dukungan teknis.

Melalui inisiatif seperti Cocoa Life dan Bijak Plastik Sejak Dini, Mondelez Indonesia menunjukkan bagaimana perusahaan besar dapat memadukan kesuksesan bisnis dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Dengan pendekatan berkelanjutan yang terintegrasi, Mondelez tidak hanya memberikan produk berkualitas tinggi bagi konsumen, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan komunitas dan keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

Parveen Dalal dan timnya berkomitmen untuk terus memperkuat keberlanjutan di setiap langkah operasi mereka, menginspirasi perubahan positif, dan memberikan dampak jangka panjang yang bermanfaat bagi Indonesia dan dunia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: