Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tidak hanya menjadi saksi perubahan zaman, tetapi juga pelaku utama yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan dan harapan masyarakat yang terus berubah.
Bertahan selama 25, 50 atau 100 tahun bahkan lebih, adalah bukti nyata dari dedikasi dan inovasi yang berkesinambungan yang dilakukan brand untuk terus mempertahankan relevansinya di tengah persaingan yang semakin ketat.
"Lebih dari itu, mencapai usia 25, 50 atau 100 tahun bahkan lebih adalah pencapaian luar biasa yang menegaskan posisi merek dalam industrinya. Keberhasilan ini tidak hanya menunjukkan ketangguhan, tetapi juga kemampuan untuk menciptakan dampak yang signifikan di pasar," kata Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID.
Menurut Susi lagi, “Keberhasilan merek-merek ini adalah simbol kesuksesan, melampaui generasi dan tetap relevan meskipun dunia terus berubah. Mereka tidak hanya membangun reputasi, tetapi juga kepercayaan yang mendalam di hati masyarakat,” ujar Susi lagi.
Oleh karena itu, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia menghadirkan penghargaan Golden Brand of the Year 2024, Merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada brand-brand di Indonesia yang berhasil menjaga eksistensi brandnya selama 25 tahun atau lebih, adapatif dan inovatif terhadap perubahan dan memberikan dampak positif yang nyata bagi perusahaan dan masyarakat serta berkontribusi terhadap ekonomi nasional.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia & Chairman Indonesia Brand Community (IBC), mengungkapkan, penghargaan bergengsi ini bukan sekadar simbol pencapaian, melainkan pengakuan atas peran penting brand dalam memajukan industri, memberikan dampak positif kepada masyarakat, dan turut berkontribusi terhadap ekonomi nasional.
“Golden Brand of The Year 2024 tidak hanya menilai eksistensi merek, tetapi juga bagaimana mereka berinovasi dan memberikan dampak nyata baik di dalam maupun di luar perusahaan,” papar Tri Raharjo.
Dalam penilaian Golden Brand of The Year, kata Tri lagi, pihaknya menggunakan riset mendalam yang mencakup tiga parameter utama.
Pertama, Brand Existence Aspect yang menilai usia brand, kemudian Brand Impact Aspect yang mengukur sejauh mana dampak merek terhadap perusahaan dan Masyarakat, dan Business Innovation Aspect yang mengevaluasi kemampuan merek untuk terus berinovasi, baik dalam menciptakan produk maupun strategi pemasaran.
Para peraih juga diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu Great Achievement untuk merek dengan skor 80-90 poin dan Excellence Achievement untuk merek dengan skor di atas 90 poin. Kedua kategori ini menegaskan komitmen brand terhadap kualitas, inovasi, dan keberlanjutan yang menjadi fondasi kesuksesan mereka.
“Brand-brand yang menerima penghargaan ini menunjukkan bahwa, brand yang tangguh, inovatif dan adaptif di tengah persaingan pasar. Lebih dari itu, penghargaan ini merupakan simbol keberhasilan brand dan kepercayaan pelanggan,” pungkasnya.
Selain penghargaan Golden Brand of The Year, INFOBRAND.ID juga akan menggelar the 23rd INFOBRAND FORUM 2024 yang menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc, Guru Besar Sekolah Bisnis IPB University, yang akan memaparkan seminar dengan tema: “The Power of Admiration Brands: Building Trust and Loyalty’.
Adapun untuk acara awarding ceremony Golden Brand of The Year 2024 dan the 23rd INFOBRAND FORUM 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Advertisement