Transcosmos dan Dapur Umami Perkuat Interaksi Pelanggan dengan Teknologi CDP dan CEP

Transcosmos Indonesia (TCID) bermitra dengan Dapur Umami, platform digital utama Ajinomoto Indonesia, dalam mengoptimalkan keterlibatan pelanggan melalui teknologi Customer Data Platform (CDP) dan Customer Engagement Platform (CEP). Kolaborasi ini memungkinkan Dapur Umami untuk memahami pelanggan lebih dalam, memberikan pengalaman yang lebih personal, serta menciptakan interaksi yang lebih relevan di berbagai kanal digital.
Vice President Director transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto, menegaskan pentingnya pendekatan berbasis data dalam membangun hubungan dengan pelanggan.
"Di era digital ini, pendekatan berbasis data adalah kunci untuk memahami dan melibatkan pelanggan secara efektif. Dengan menggabungkan CDP dan CEP lewat transCDP, kami memberikan solusi yang memungkinkan brand membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka," ujar Ardi.
Baca Juga: Terapkan Teknologi AI, FLEXlive Siap Bangun Transformasi Bisnis Digital Tanah Air
Teknologi CDP memungkinkan brand mengumpulkan, menyatukan, dan membersihkan data pelanggan dari berbagai sumber, seperti situs web, media sosial, dan platform e-commerce. Data yang telah terintegrasi ini kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi prospek potensial serta merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.
Sementara itu, CEP mengoptimalkan data yang dikumpulkan oleh CDP untuk menciptakan komunikasi yang lebih personal dan konsisten di berbagai saluran digital. Dengan pendekatan ini, brand dapat memberikan pengalaman yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.
Integrasi CDP dan CEP yang diterapkan Dapur Umami telah menunjukkan hasil nyata. Dalam periode September hingga Januari, jumlah anggota aktif di platform web Dapur Umami meningkat 31% dibandingkan dengan periode sebelumnya.
Ajinomoto Indonesia pun mengapresiasi penerapan teknologi ini dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
"Integrasi CDP dan CEP yang dilakukan Dapur Umami bersama TCID adalah upaya kami untuk mengapresiasi konsumen yang tidak hanya membeli produk-produk Ajinomoto Indonesia yang berkualitas, tetapi juga mendapatkan manfaat lebih melalui Dapur Umami di era digital. Kami akan terus memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen sambil tetap berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai komitmen kami untuk menghargai konsumen dan menggunakan data secara bijak," ujar Angga Marthadhi Putra, Owned Media Communications Manager, Ajinomoto Indonesia.
Baca Juga: Qoala Plus Implementasi Teknologi AI untuk Tingkatkan Kinerja Mitra Pemasaran
Selain meningkatkan keterlibatan pelanggan, pemanfaatan teknologi CDP dan CEP juga mendukung berbagai kampanye digital Dapur Umami, seperti Too Good To Waste #DiolahMaksimal, yang mendorong konsumen untuk mengurangi sampah makanan dari dapur mereka. Kampanye lain yang turut diperkuat dengan teknologi ini adalah Gizi Seimbang dan Bijak Garam, yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pola hidup sehat melalui konsumsi makanan bergizi.
Menurut data industri pada 2024, sebanyak 91% pengguna CDP percaya bahwa teknologi ini berperan penting dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang relevan secara real-time. Studi yang sama juga menyebutkan bahwa 79% perusahaan yang mengadopsi CDP mampu mencapai return on investment (ROI) dalam waktu kurang dari 12 bulan.
Melalui transCDP yang dikembangkan secara mandiri, transcosmos Indonesia mampu menghadirkan solusi yang lebih fleksibel dan terjangkau bagi Dapur Umami. Teknologi ini memungkinkan pembersihan dan verifikasi data pelanggan aktif, yang kemudian diolah melalui CEP untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih personal dan relevan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement