Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Turut Memajukan Transformasi Digital di Indonesia, Zoho Gelar Program Pelatihan, Kolaborasi, hingga Tawarkan Solusi Bisnis Berbasis AI

Turut Memajukan Transformasi Digital di Indonesia, Zoho Gelar Program Pelatihan, Kolaborasi, hingga Tawarkan Solusi Bisnis Berbasis AI Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan teknologi global terkemuka asal India, Zoho Corporation, berhasil berinvestasi dalam pelatihan dan peningkatan fitur untuk perangkat lunak bisnisnya dalam setahun terakhir ini.

Vice President & GM APAC, Gibu Mathew mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan yang mendukung bisnis mereka di Indonesia. Adapun beberapa kegiatan itu meliputi program Young Creator oleh Zoho Creator yang dihelat di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada Agustus 2024 lalu.

“Untuk pertama kalinya secara global, pelatihan Zoho Creator diberikan kepada 40 dosen di institut tersebut untuk modul Low-Code/No-Code (LCNC), yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran,” kata Gibu kepada wartawan Selasa (18/2/2025).

Kemudian pada November 2024, Zoho mengumumkan kemitraan strategis dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Startup Studio Indonesia yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Digital. Kolaborasi ini memberikan akses kepada 1.500 startup untuk mengikuti program Zoho for Startups. 

“Program ini menyediakan solusi perangkat lunak senilai lebih dari Rp60 miliar, memungkinkan para wirausahawan untuk mengeksplorasi alat yang sesuai dengan kebutuhan mereka di berbagai tahap pertumbuhan bisnis,” ujarnya.

Baca Juga: CyberSecure 2025, Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Hadapi Ancaman Siber dan Dorong Ekonomi Digital

Solusi Berbasis AI 

Rangkaian solusi bisnis Zoho berkembang pesat di Indonesia, dengan pertumbuhan pendapatan tahunan melebihi 30%. Seiring dengan meningkatnya adopsi Zoho sebagai solusi platform, bisnis dapat mengakses perangkat lunak kelas perusahaan besar yang dirancang untuk mendorong transformasi digital dan pertumbuhan. 

Asisten AI terintegrasi dari Zoho, Zia, memperkaya aplikasinya dengan kemampuan Generative AI yang didukung oleh teknologi kepemilikan di private cloud Zoho.

Strategi Nasional AI Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kontribusi AI terhadap perekonomian, yang diperkirakan mencapai USD 366 miliar terhadap PDB pada tahun 2030, atau sekitar 12% dari total PDB nasional. 

Dengan meningkatnya pengeluaran publik dan swasta di sektor teknologi informasi, Indonesia memiliki potensi besar untuk mencapai pertumbuhan PDB yang lebih tinggi. Zoho mendukung visi ini dengan menyediakan alat berbasis AI yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis.

Berikut ini adalah daftar produk Zoho yang populer dipakai di Indonesia: 

Zoho CRM – Meningkatkan interaksi pelanggan dengan wawasan berbasis AI, analisis prediktif terhadap peluang bisnis, dan pembuatan konten otomatis. Pembaruan CRM for Everyone akan lebih menyederhanakan customer journey dengan mengurangi kesenjangan komunikasi dan meningkatkan waktu respons aduan pelanggan.

Zoho One – Rangkaian komprehensif dengan lebih dari 40 aplikasi untuk menyatukan operasional bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan alur kerja.

Zoho Workplace – Alat kolaborasi dan komunikasi berbasis AI yang menyempurnakan penulisan, mengoptimalkan konten, dan memberikan wawasan cerdas terkait dokumen.

Zoho Desk – Dukungan pelanggan berbasis AI dan manajemen tiket dengan fitur seperti analisis sentimen, ringkasan tiket otomatis, dan respons berbasis pengetahuan.

Zoho Projects – Integrasi Natural Language Processing (NLP) dan ChatGPT memungkinkan rekomendasi tugas cerdas, wawasan berbasis AI, dan visibilitas yang lebih baik untuk tim yang bekerja secara asinkron.

Zoho terus berkomitmen untuk memberdayakan bisnis Indonesia dengan solusi berbasis AI, mendorong inovasi, dan mendukung tujuan transformasi digital negara.

Baca Juga: Gelar Ratas dan Makan Siang Bersama, Presiden Prabowo Bahas Penanganan Judi Online hingga Perlindungan Anak di Ranah Digital

User Conference Zoholics Indonesia 2025

Zoho bakal bakal menggelar Zoholics, acara konferensi bagi seluruh pengguna Zoho. Hajatan yang sedianya dihelat pada Februari 2025 ini merupakan salah satu komitmen Zoho yang ingin selalu menghadirkan teknologi mutakhir dan nilai luar biasa bagi pelanggan SaaS.

Acara ini menghadirkan tiga topik fokus utama, antara lain mencakup solusi untuk Penjualan dan Pemasaran; Keuangan dan SDM; serta Kolaborasi dan alat Developer. Zoholics menjadi platform utama untuk mengedukasi pelaku bisnis di Indonesia tentang bagaimana solusi perangkat lunak Zoho dapat mempercepat transformasi digital. 

Tim Zoho hadir di User Conference Zoholics Indonesia 2025 untuk memberikan bantuan langsung, memfasilitasi diskusi tentang inovasi digital, serta mempererat hubungan dengan klien dan mitra bisnis.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: