Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Cara Terbaik Meningkatkan Retensi Pelanggan dengan Zoho CRM

5 Cara Terbaik Meningkatkan Retensi Pelanggan dengan Zoho CRM Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua cara utama bisnis dapat berkembang yaitu dengan mendapatkan pelanggan baru dan membuat pelanggan yang sudah ada melakukan transaksi kembali.

Berdasarkan prinsip 80-20 Pareto, 80% pendapatan berasal dari 20% pelanggan yang sudah ada, sementara pelanggan baru hanya berkontribusi 20% dari total pendapatan. 

Oleh karena itu, bisnis Anda juga harus fokus untuk memuaskan pelanggan yang sudah ada. Bahasa kerennya, meningkatkan retensi pelanggan. Caranya tentu dengan menjaga kepuasan mereka.

Langkah awal untuk memuaskan pelanggan adalah dengan menggunakan software CRM seperti Zoho CRM yang akan meningkatkan retensi pelanggan Anda dan membuka jalan menuju pertumbuhan pendapatan yang konsisten. 

Buktikan sendiri kecanggihan Zoho CRM dalam membantu mendorong penjualan bisnis Anda dengan memanfaatkan fasilitas coba gratis tanpa syarat dan tanpa menggunakan kartu kredit di sini!

Apa Itu Retensi Pelanggan?

Kembali ke topik utama, retensi pelanggan atau customer retention adalah upaya yang dilakukan suatu bisnis untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, sehingga pelanggan akan kembali dan bertransaksi lagi.

Retensi pelanggan bukan hanya tentang kinerja tim pemasaran dan penjualan. Ketika Anda memantau angka ini, Anda dapat mengetahui tentang perubahan penting untuk mencapai tujuan penjualan dan pertumbuhan Anda.

Mengapa Retensi Pelanggan Harus Diperhatikan?

Menghasilkan pendapatan dari pelanggan yang sudah ada adalah cara yang paling mudah. 

Lima alasan utama mengapa Anda harus peduli dengan retensi pelanggan untuk bisnis Anda, yaitu conversion rate yang lebih baik, biaya marketing yang lebih kecil, keuntungan yang lebih tinggi, peningkatan layanan, dan pengeluaran yang lebih sedikit.

Baca Juga: Ini Kata Bos Zoho Indonesia, Biar UKM Gak Ketinggalan Zaman

Bagaimana Zoho CRM Meningkatkan Retensi Pelanggan?

Software Zoho CRM telah membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak penawaran, meningkatkan penjualan, dan membuat pelanggan terhubung dengan bisnis Anda.

Perusahaan yang memanfaatkan Zoho CRM dapat lebih dekat dengan pelanggan mereka. Dengan melacak catatan pelanggan terkini dan mengidentifikasi pelanggan setia, perusahaan dapat memberikan penghargaan kepada mereka.

Teknik ini tidak hanya mempertahankan pelanggan yang sudah ada tapi juga mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Inilah 5 cara Zoho CRM untuk membantu Anda meningkatkan tingkat retensi pelanggan dalam bisnis Anda.

1. Mengidentifikasi Pelanggan dengan Value Tinggi

Dengan Zoho CRM, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi pelanggan yang potensial serta kebutuhan mereka. Zoho CRM akan mengintegrasikan semua aplikasi berbasis data ke dalam software, sehingga memungkingkan Anda untuk mengklasifikasi pelanggan.

Fitur segmentasi pelanggan pada Zoho CRM akan membantu Anda untuk menentukan pelanggan dengan value tinggi. Anda juga bisa melakukan penilaian terhadap pelanggan Anda dengan kriteria tertentu untuk menentukan pelanggan yang harus diprioritaskan. 

Segmentasi ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan efisien dengan menggunakan tag kata kunci. Tandai pelanggan Anda yang memiliki value tinggi dengan High Value Customer atau High Priority untuk membedakan dengan pelanggan lainnya. 

Anda juga bisa menjangkau pelanggan yang sudah tidak berhubungan kembali dengan perusahaan Anda dan melakukan upaya untuk membuat mereka kembali mengingat dan melakukan transaksi.

2. Buat Penawaran Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Tidak semua bisnis bisa memberikan penawaran bernilai tambah untuk pelanggan yang sudah ada. Namun, apabila Anda memilih untuk menggunakan Zoho CRM, Anda tidak perlu bertele-tele untuk mengenali apa yang pelanggan Anda sukai.

Anda cukup memilih pelanggan atau kelompok pelanggan yang ingin Anda targetkan dan akan mendapatkan semua informasi tentang pelanggan tersebut. 

Zoho CRM secara otomatis akan menyimpan semua informasi tentang pelanggan Anda, termasuk obrolan sebelumnya, sehingga Anda bisa memahami apa yang disukai pelanggan. Hal ini akan memperkuat peluang konversi berlipat ganda dan pelanggan Anda akan merasa diistimewakan.

3. Ciptakan Hubungan Harmonis dengan Pelanggan

Manfaatkan Zoho CRM untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan pelanggan. Misalnya, Anda bisa mengirimkan ucapan ulang tahun dengan beberapa penawaran yang menguntungkan di bulan ulang tahun pelanggan Anda.

Salah satu fitur yang mendukung cara ini yaitu strategi omnichannel yang akan memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan secara real time melalui banyak saluran. Zoho CRM akan mengintegrasikan email, telepon, chat, hingga media sosial.

Dengan integrasi Zoho CRM ini, Anda akan memperoleh informasi lengkap setiap pelanggan, seperti detail kontak, laporan analitik lengkap, mencatat setiap panggilan, memantau percakapan tentang merek Anda, dan masih banyak lagi.

Strategi omnichannel yang digunakan Zoho CRM ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan penawaran yang dibutuhkan pelanggan Anda.

4. Pemberitahuan Email Otomatis

Gunakan Zoho dan nikmati fitur otomatisasi dan AI untuk bisnis Anda yang mampu membuat laporan dan analisis dengan cepat. 

Dengan fitur otomatisasi ini Anda bisa mengirimkan komunikasi reguler dengan pelanggan secara otomatis. Contohnya, Anda bisa mengirimkan email selamat datang hingga tindak lanjut harian kepada pelanggan. 

Selain itu, cara ini juga bisa menjadi pengingat bagi pelanggan lama Anda terhadap penawaran khusus, pemberitahuan berakhirnya layanan, progres, dan tagihan.

5. Dapatkan Feedback di Portal Klien

Penggunaan Zoho CRM yang terintegrasi dengan Zoho Creator akan menyediakan portal klien untuk bisnis yang bisa digunakan untuk pelanggan untuk memberikan feedback

Feedback dari pelanggan ini akan membantu Anda untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi produk Anda. Fasilitas ini akan meyakinkan pelanggan Anda bahwa Anda akan memberikan yang terbaik dan membangun kepercayaan.

Dapatkan Tools yang Tepat untuk Retensi Pelanggan!

Pelanggan adalah inti dari setiap bisnis, sehingga kepuasan mereka harus menjadi prioritas utama bagi setiap pemilik bisnis. Apabila Anda berhasil membuat pelanggan merasa istimewa, mereka pasti akan kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang.

Zoho CRM menjadi solusi terbaik yang akan membantu Anda dalam meningkatkan retensi pelanggan dengan menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan Anda. 

Gunakan Zoho CRM dengan cerdas dan tingkatkan retensi pelanggan untuk bisnis Anda!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: