Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Mobil Baru Naik, ASLC Siap Genjot Penjualan Mobil Bekas Jelang Lebaran 2025

Harga Mobil Baru Naik, ASLC Siap Genjot Penjualan Mobil Bekas Jelang Lebaran 2025 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), emiten perdagangan otomotif omnichannel yang membawahi Caroline.id, JBA, dan MotoGadai, optimistis menangkap peluang peningkatan permintaan mobil bekas menjelang Lebaran 2025. Perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan yang lebih baik dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil bekas di Indonesia sepanjang 2024 mencapai 1,8 juta unit, jauh lebih tinggi dibandingkan mobil baru yang hanya terjual 865.723 unit. Tren ini dipicu oleh kenaikan harga mobil baru yang tidak sebanding dengan pertumbuhan pendapatan masyarakat, sehingga banyak konsumen beralih ke mobil bekas yang lebih terjangkau.

Untuk menangkap peluang tersebut, ASLC terus berekspansi dengan membuka showroom Caroline.id di berbagai wilayah potensial. Caroline.id, yang mengusung konsep Online-to-Offline (O2O) Used Car Dealer, kini memiliki 16 showroom, termasuk showroom terbaru yang diresmikan pada November 2024 di Soekarno Hatta-Metro, Bandung. Tahun ini, ASLC telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp20–30 miliar untuk ekspansi showroom flagship yang ditargetkan beroperasi pada kuartal II 2025.

Baca Juga: Emiten Mobil Bekas Milik TP Rachmat Genjot Ekspansi, Segini Dana yang Dianggarkan!

Selain memperluas jaringan, ASLC juga menggelar Mobil Bekas Expo (MOBEX) MUF X Caroline.id bersama PT Mandiri Utama Finance (MUF) pada 7–16 Maret 2025 di Caroline.id Gading Serpong, Tangerang. Acara ini menawarkan promo menarik, seperti uang muka mulai 10%, suku bunga spesial 4,99%, cicilan ringan, serta berbagai hadiah seperti voucher salon mobil Rp3 juta, e-money Rp1,5 juta, dan voucher BBM Rp500 ribu bagi pelanggan yang membeli atau menukar tambah kendaraan selama pameran.

“Kami berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan pasar mobil bekas di Indonesia menjelang Lebaran ini, dengan menghadirkan pilihan kendaraan yang terjamin kualitasnya, serta didukung dengan layanan yang transparan dan terpercaya. Dengan adanya kolaborasi ini, kami yakin dapat memberikan solusi terbaik bagi pelanggan yang ingin memiliki mobil bekas dengan proses yang lebih mudah dan menguntungkan,” ujar Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.

Baca Juga: Penyebab Harga Mobil Naik: Pendapatan Orang Indonesia Naik 3 Persen, Harga Mobil Naik 7 Persen Per Tahun

Dari sisi kinerja, Caroline.id mencatat pertumbuhan signifikan pada sembilan bulan pertama 2024, dengan pendapatan Rp416,76 miliar atau naik 35% secara tahunan (year-on-year/YoY). Volume penjualan mobil bekas juga meningkat 18,3% YoY menjadi lebih dari 2.400 unit.

Ekspansi bisnis ASLC turut diperkuat oleh JBA yang menargetkan pangsa pasar lelang di atas 40%. Hingga September 2024, volume lelang JBA naik 33,1% YoY menjadi 92.172 unit, mendorong pendapatan bisnis lelang naik 37,6% YoY menjadi Rp199,04 miliar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: