Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Untuk UMKM, Ini Tiga Strategi dari Grab untuk Memaksimalkan Penjualan Jelang Lebaran

Untuk UMKM, Ini Tiga Strategi dari Grab untuk Memaksimalkan Penjualan Jelang Lebaran Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia semakin giat berbelanja untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari bahan makanan, hampers Lebaran, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya.

Laporan Ramadan 2025 dari Grab pun juga mengungkapkan bahwa 8 dari 10 konsumen Indonesia berencana belanja lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, dengan rata-rata anggaran Rp3,4 juta untuk makanan, fashion, dan produk kecantikan.

Perubahan dan peningkatan pola konsumsi ini membuka peluang besar bagi pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan memahami kebiasaan belanja konsumen dan menyesuaikan strategi pemasaran, UMKM dapat mengoptimalkan momen ini untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis mereka.

Berikut tiga strategi yang bisa diterapkan UMKM untuk memaksimalkan penjualan menjelang Lebaran.

1. Manfaatkan waktu ‘sibuk’ konsumen untuk promosi

Ramadan mengubah rutinitas harian masyarakat, menciptakan peluang unik bagi pelaku bisnis/brand. Data Grab menunjukkan lonjakan pesanan di GrabMart sebesar 49% antara pukul 3-5 pagi, saat keluarga menyiapkan santap sahur, dan 22% antara pukul 2-4 sore, menjelang waktu berbuka puasa.

Dengan menyelaraskan program kampanye dengan momen-momen krusial ini, pelaku bisnis/brand tidak hanya berpeluang meningkatkan engagement, tetapi juga mendorong pertumbuhan penjualan yang signifikan.

2. Menawarkan produk yang sesuai tren Ramadan dan Lebaran

Konsumen semakin peduli dengan kesehatan dan keberlanjutan. 39% lebih mempertimbangkan faktor kesehatan dalam memilih makanan, sementara 36% bersedia membayar lebih untuk produk ramah lingkungan.

Tradisi berbagi juga tetap kuat, dengan 96% pengguna Grab berencana mengirim hampers Lebaran, dan 75% memilih hampers ramah lingkungan, yang mendorong peningkatan pemesanan GrabExpress hingga 26% di minggu terakhir Ramadan. Hal ini membuka peluang bagi UMKM untuk menawarkan hampers berisi produk sehat dan eco-friendly.

3. Menargetkan audiens yang tepat: Gen X dan Boomers

Keputusan belanja rumah tangga selama Ramadan dan Lebaran didominasi oleh Generasi X dan Boomers. Data menunjukan bahwa sebanyak 67% keputusan belanja rumah tangga pada periode Ramadan dan Lebaran diambil oleh kedua generasi ini, dengan alokasi Tunjangan Hari Raya (THR) 1,5 kali lebih tinggidibandingkan generasi muda. Fakta ini menjadikan mereka target utama yang strategis bagi para pelaku bisnis/brand untuk dijangkau.

“Kami melihat adanya tren unik dalam perilaku konsumen menjelang Ramadan yang membuka peluang besar bagi pemilik bisnis/brand untuk menyasar audiens mereka. Dengan memahami preferensi konsumen dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan kampanye, pelaku bisnis tidak hanya bisa meningkatkan visibilitas, tetapi juga membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dalam jangka panjang,” ujar Roy Nugroho, Director of Grab For Business, Grab Indonesia.

Baca Juga: UMKM Bisa Kelola Tambang? Menteri Maman: Tunggu Aturan Resmi

Berdayakan beragam kategori bisnis dengan GrabAds

Dengan dukungan GrabAds, brand dapat menawarkan promo yang lebih relevan dan tepat sasaran kepada konsumen, terutama di momen istimewa seperti Ramadan dan Lebaran melalui fitur seperti iklan banner yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengiklan dan layanan iklan pencarian dengan kata kunci yang tepat.

Fitur-fitur tersebut dapat membantu brand mengoptimalkan peluang bisnis dari momen perayaan hari besar nasional.

“Di bulan yang spesial ini, GrabAds siap mendukung aktivitas kalangan bisnis/brand berbagai skala, dari korporasi hingga UMKM, lewat beragam layanan dan solusi periklanan yang kami tawarkan untuk membantu kesuksesan bisnis mereka,” tutup Roy.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: