Danamon Tawarkan Terobosan Layanan Perbankan Bagi Pekerja Indonesia di Jepang
Kredit Foto: Sufri Yuliardi
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”, IDX: BDMN) menawarkan terobosan layanan perbankan bagi para pekerja Indonesia di Jepang melalui kolaborasi bersama MUFG Bank, Ltd. (“MUBK”). Dan untuk diketahui, kedua bank ini merupakan anggota Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (“MUFG”, TYO: 8306).
Lebih lanjut, layanan tersebut adalah memfasilitasi pembukaan rekening MUBK bagi pekerja Indonesia di Jepang, sehingga para pekerja dapat melakukan proses pembukaan rekening dari cabang Danamon di Indonesia sebelum mereka tiba di Jepang.
Baca Juga: Anak Usaha TOWR Perpanjang Fasilitas Pinjaman Jumbo Rp1,5 Triliun dengan Bank Mizuho
Tahun 2024, tercatat lebih dari 120.000 Warga Negara Indonesia bekerja di Jepang, yang merupakan jumlah yang cukup besar di antara pekerja asing di Jepang. Meskipun membuka rekening di bank Jepang dapat menjadi suatu tantangan bagi para pekerja yang baru memulai hidup baru di Jepang, hal ini tetap wajib dilakukan agar para pekerja dapat menggunakan layanan perbankan umum dan mengirimkan pendapatan dari hasil jerih payah mereka kembali ke Indonesia.
"Dengan semakin banyaknya pekerja Indonesia yang datang ke Jepang, akan semakin banyak pula kebutuhan untuk membuka rekening bank baru guna mendukung transaksi keuangan mereka sehari-hari di Jepang. Dengan inisiatif ini, Danamon sebagai bagian dari Grup MUFG berkolaborasi untuk menawarkan layanan nasabah yang lebih mudah dan nyaman untuk mendukung pembukaan rekening pekerja Indonesia di MUBK melalui Danamon," ucap Global Alliance Strategy Director Danamon, Jin Yoshida, dikutip dari saran pers Danamon, Senin (14/7).
"Hal ini merupakan terobosan dan untuk pertama kalinya ditawarkan di Indonesia yang dimungkinkan hanya melalui kerja sama yang baik antara MUBK dan bank mitranya, serta hubungan baik dengan klien korporasi yang ada. Kami berharap akan lebih banyak pekerja Indonesia yang memanfaatkan program ini ke depannya," imbuhnya.
Kepemilikan rekening bank sangat penting bagi kehidupan di Jepang, dengan lebih dari 98% penduduk Jepang memiliki rekening bank, menurut Bank Dunia.
Bagi banyak pekerja Indonesia yang mempersiapkan diri untuk bekerja di Jepang, proses pemenuhan persyaratan administratif sering kali menjadi beban yang signifikan, bersama dengan proses Know-Your-Customer (KYC) yang lebih menyeluruh, karena sebagian besar komunikasi dan dokumentasi dilakukan dalam bahasa Jepang dengan sedikit atau tanpa terjemahan, membuat prosesnya lebih sulit bagi mereka yang bahasa pertamanya bukan bahasa Jepang.
Oleh karena itu, meskipun pembukaan rekening bank penting bagi pekerja Indonesia di Jepang, proses pembukaan rekening bisa jadi sulit untuk dilalui. Di sinilah inisiatif Danamon bersama dengan MUBK hadir untuk mempermudah proses ini.
Dalam uji coba terbatas ini, Danamon mengundang para pekerja dari lembaga pelatihan bagi pekerja Indonesia untuk membuka rekening pribadi MUBK melalui Danamon.
Melalui program ini, para pekerja tidak perlu membuka rekening setelah tiba di Jepang. Mereka dapat memulai membuka rekening di Indonesia dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan melalui kantor cabang tertentu Danamon (Danamon Jakarta Menara Bank Danamon dan Danamon Jakarta Trinity Tower).
Tim Japanese Desk Danamon akan membantu pembukaan rekening dan menyerahkan dokumen ke MUBK untuk diproses. Dalam beberapa kasus yang cepat, rekening dapat dibuka 2-3 hari setelah nasabah mengunjungi kantor cabang.
Dengan skema ini, Danamon bekerja sama dengan lembaga pengirim di Indonesia dan organisasi pengawas di Jepang untuk menerima dokumentasi dan rujukan klien.
Secara keseluruhan, program ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pembukaan rekening MUBK bagi nasabah. Program ini juga memberikan manfaat bagi nasabah karena:
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement