Kredit Foto: Reuters/Edgar Su
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berupaya mendongkrak kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia, salah satunya melalui kuliner.
Hal tersebut dilakukan melalui partisipasi Kemenpar dalam consumer fair pariwisata terbesar di Malaysia, MATTA Fair 2025 di Kuala Lumpur, 5-7 September 2025 dengan menghadirkan Rumah Makan Padang khas Indonesia sebagai salah satu daya tarik bagi pengunjung.
Baca Juga: Banjir di Bali Dipastikan Tak Berpengaruh Signifikan Bagi Pariwisata
Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan Kementerian Pariwisata menampilkan Paviliun Wonderful Indonesia pada MATTA Fair KL 2025, dengan mengangkat tema “Wonderful Short Escape” dan focal point etalase rumah makan Padang dalam suasana pop culture, serta urban lifestyle khas Indonesia.
“Kedua hal ini diangkat mempertimbangkan karakteristik wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia pada saat akhir pekan (weekenders) dan kecintaannya pada masakan khas Minang,” kata Made, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Senin (15/9).
Sebanyak 19 industri pariwisata Indonesia terdiri atas 8 akomodasi dan 11 TA/TO mengisi Paviliun Wonderful Indonesia seluas 144 m2, yang terletak di MITEC KL, Level 3 No. 3U01. Peserta berasal dari wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.
Paviliun Wonderful Indonesia turut mengampanyekan #GoBeyondOrdinary. Kampanye ini mengajak wisatawan tidak hanya menjelajahi berbagai destinasi, tetapi juga merasakan kekayaan budaya masyarakat Indonesia yang unik dan beragam.
Kampanye ini menonjolkan pada tiga pilar Quality Tourism mencakup Wellness, Marine, and Gastronomy dengan fokus pada keberlanjutan, pengalaman autentik, serta interaksi mendalam antara wisatawan, alam, dan budaya.
Untuk memperkaya pengalaman pengunjung, Paviliun Wonderful Indonesia juga menyajikan berbagai macam games interactive yang berhubungan dengan gaya hidup urban Indonesia, seperti tebak kata “gaul” Indonesia, yang dapat diikuti oleh para pengunjung.
Selain itu, tersedia pula coffee corner yang menyajikan kopi khas Nusantara oleh Saturdays Coffee dan promosi jamu tradisional Indonesia dengan kemasan modern hasil kolaborasi dengan Acaraki.
Pengunjung Paviliun Wonderful Indonesia yang melakukan transaksi pembelian paket wisata juga berhak untuk memutar wheels of fortune dan berkesempatan memenangkan berbagai macam voucher potongan harga yang telah disiapkan oleh brand partner, yaitu Saturdays, Rumah Atsiri, Stuja Coffee, Acaraki, Saff & Co, dan PIK Tourism.
Made menjelaskan aktivasi di Paviliun “Wonderful Indonesia dipilih dengan mempertimbangkan profil pelaku wisata ke luar negeri pasar Malaysia yang berusia 22 - 40 tahun, dan menikmati kegiatan seputar kuliner dan gaya hidup.
Made berharap partisipasi pada MATTA Fair 2025 dapat semakin mempromosikan 10 Destinasi Super Prioritas maupun 3 Destinasi Regeneratif kepada masyarakat Malaysia melalui penjualan paket wisata ke destinasi-destinasi tersebut dan pemutaran video promosi 10 DPP di Paviliun Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement