Kredit Foto: Istimewa
PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menegaskan kembali komitmennya untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan, sekaligus memperkuat kontribusinya terhadap keberlanjutan dan keselamatan di setiap aspek bisnis. Menurut Mukiat Sutikno, President Director Bridgestone Indonesia, tahun 2025 menjadi periode yang menuntut ketahanan dan fleksibilitas bisnis. Meskipun kondisi pasar masih belum stabil, Bridgestone terus melihat peluang untuk bertumbuh dengan mengutamakan kualitas, keselamatan, dan kepuasan pelanggan.
“Kami memahami bahwa perubahan ekonomi dan sosial saat ini sangat cepat. Namun satu hal yang tidak berubah adalah komitmen kami untuk selalu menjadi mitra mobilitas yang andal bagi masyarakat Indonesia. Kami terus berupaya menjaga stabilitas dan memastikan setiap langkah bisnis memberikan nilai bagi pelanggan dan masyarakat — sejalan dengan semangat keberlanjutan yang telah lama menjadi bagian dari komitmen Bridgestone melalui E8 Commitment,” ujar Mukiat di acara Media Gathering Bridgestone Indonesia, Rabu (8/10/2025), di Jakarta.
Ia menambahkan, untuk itu fokus Bridgestone tidak pada pertumbuhan jangka pendek, tetapi pada penciptaan
nilai jangka panjang melalui efisiensi, tanggung jawab sosial, dan inovasi berkelanjutan. Bridgestone Indonesia saat ini memiliki jaringan Toko Model yang luas yakni 400 Toko Model (TOMO) dan didukung oleh 1.500 toko ban umum.
Baca Juga: BYD, Tesla dan Perusahaan Jepang Bangun Pabrik Otomotif Senilai Ratusan Miliar
Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang menuju mobilitas berkelanjutan, Bridgestone Indonesia memperkenalkan penerapan teknologi ENLITEN — yakni sebuah platform teknologi desain ban untuk menghasilkan produk yang berkontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus memiliki core capability yang unggul untuk meningkatkan performa produk tersebut secara keseluruhan.
ENLITEN menjadi representasi evolusi Bridgestone menuju era mobilitas yang cerdas dan berkelanjutan. Teknologi ini memungkinkan ban memiliki rolling resistance lebih rendah, bobot lebih ringan, serta efisiensi bahan bakar dan energi yang lebih tinggi, baik untuk kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik.
“Bagi Bridgestone, inovasi selalu berfokus pada performa dan keselamatan, dengan pengembangan yang berlandaskan pada tiga pilar utama: yakni performance, safety, dan sustainability. ENLITEN merupakan core design technology yang meningkatkan sustainability sekaligus mengoptimalkan performa ban secara keseluruhan, dengan memungkinkan ‘ultimate customization’ untuk menyesuaikan ban sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan berkendara tertentu,” jelas Anindito Ajireswara, Head of Marketing Planning Bridgestone Indonesia.
Selain untuk kendaraan penumpang, Bridgestone Indonesia juga memperkuat lini ban niaga dengan menghadirkan solusi yang dirancang khusus untuk mendukung produktivitas armada transportasi nasional. Salah satu inovasi terbaru adalah Bridgestone M858 (7.50 R16) — ban yang dikembangkan untuk memberikan ketahanan maksimal terhadap beban berat dan kondisi jalan yang menantang, sekaligus menjaga efisiensi operasional pelanggan.
Tidak hanya melalui produk, komitmen Bridgestone dalam mendukung pelanggan niaga juga diwujudkan lewat jaringan layanan yang luas dan andal. Melalui 26 titik Bridgestone Truck Tire Center (BTTC) dan delapan titik Bridgestone Fleet Point (BFP) di seluruh Indonesia, Bridgestone memastikan pelanggan fleet dan pengemudi profesional dapat menikmati layanan inspeksi, perawatan, dan penggantian ban dengan standar yang konsisten dan cepat — di mana pun mereka beroperasi.
Baca Juga: Pajak Mobil Tembus 40%, Penjualan Otomotif Nasional Anjlok
“Kami berkomitmen memastikan setiap kendaraan komersial di jalan memiliki akses terhadap ban yang aman, efisien, dan tahan lama — karena produktivitas mereka merupakan bagian penting dari pergerakan ekonomi nasional. Melalui jaringan dan solusi yang tepat, Bridgestone hadir sebagai mitra terpercaya yang menjaga kelancaran operasional pelanggan, khususnya para pemilik kendaraan fleet, kapan pun dibutuhkan,” ujar Herry Maylanda, Head of Commercial Business Bridgestone Indonesia.
Sementara sebagai bagian dari komitmennya untuk mewujudkan mobilitas yang berkelanjutan, Bridgestone Indonesia secara konsisten menjalankan berbagai inisiatif sosial dan lingkungan yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan melalui beragam program yang berfokus pada keselamatan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan komunitas.
“Dalam tiga tahun terakhir, melalui berbagai aktivitas CSR yang kami jalankan, sebanyak 12.500 jiwa dari total 45 kegiatan telah merasakan dampak positif. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa Bridgestone berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang berdampak secara sosial, lingkungan, dan ekonomi,” ujar Delfania Matasik, CSR & Sustainability Associate Lead Bridgestone Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait:
Advertisement