Bank Mandiri Catat Kinerja Unggul dan Inovasi Konsisten dalam Tranformasi Digital
Kredit Foto: Istimewa
Bank Mandiri mencatatkan kinerja unggul dan inovasi yang konsisten dalam transformasi digital melalui Livin’ by Mandiri, Livin’ Merchant, dan Kopra by Mandiri, yang kini menjadi closed-loop ecosystem saling terintegrasi, menghadirkan pengalaman layanan finansial yang menyeluruh bagi nasabah.
Hingga Oktober 2025, Kopra by Mandiri berhasil mengelola nilai transaksi lebih dari Rp 22.000 triliun, angka ini tumbuh 22 persen year on year (YoY), dengan volume transaksi mencapai 1,2 miliar transaksi yang mengalami peningkatan 14 persen year on year (YoY).
Baca Juga: Livin’ Fest 2025 di Balikpapan Dibuka, Bank Mandiri Hadirkan Promo Ekslusif
Fitur-fitur unggulan seperti bulk payment hingga 50.000 transaksi, personalisasi biller industri, serta monitoring real-time untuk Letter of Credit (LC) dan Bank Garansi menjadi diferensiasi utama yang meningkatkan efisiensi bisnis nasabah.
Sedangkan layanan Livin’ by Mandiri telah digunakan oleh 35,8 juta pengguna meningkat 27 persen YoY hingga Oktober 2025. Super app dari bank bersandi saham BMRI ini telah memproses nilai transaksi mencapai Rp 3.620 triliun, naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya.
Sementara itu, Livin’ Merchant terus menjadi motor digitalisasi UMKM dengan lebih dari 3 juta merchant, di mana 62 persen penggunanya berasal dari luar kota besar, memanfaatkan fitur seperti multi-outlet management, integrasi sistem F&B, QR Table ordering, hingga pemesanan stok barang langsung ke distributor di ekosistem Bank Mandiri. Livin’ Merchant telah mencatat pertumbuhan nilai transaksi sebesar 166 persen dan pertumbuhan volume transaksi 172 persen dibanding tahun sebelumnya.
Atas hal tersebut, Bank Mandiri berhasil meraih penghargaan Indonesia’s Best Transaction Bank dalam ajang Euromoney Transaction Banking Awards 2025. Penghargaan ini diraih berkat keberhasilan Bank Mandiri dalam menunjukkan kinerja keuangan yang sehat, didukung oleh pertumbuhan aset yang kuat, penguatan ekosistem bisnis, serta inovasi digital yang masif dan konsisten dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
Selain keunggulan strategis dan performa yang kompetitif dibanding para pesaing, kemampuan Bank Mandiri dalam berinovasi secara berkelanjutan dan beradaptasi terhadap dinamika pasar turut menjadi faktor penilaian penting dalam penghargaan ini. Yohan menyampaikan keberhasilan ini tidak lepas dari arah kebijakan pemerintah yang menekankan transformasi ekonomi dan peningkatan produktivitas.
“Kami percaya bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia harus berjalan beriringan dengan percepatan transformasi digital. Kopra hadir sebagai solusi finansial terintegrasi yang mendukung kualitas pengalaman transaksi nasabah, mulai dari cash management, trade finance, hingga value chain,” ucap Senior Vice President (SVP) Digital Wholesale Banking Bank Mandiri, Yohan Sugiono, dikutip dari siaran pers Bank Mandiri, Jumat (21/11).
Lebih jauh, Yohan menegaskan bahwa Bank Mandiri akan terus meningkatkan kapabilitas seluruh layanan digitalnya agar selaras dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha yang terus berkembang. Langkah ini selaras dengan Asta Cita Presiden Prabowo Subianto yang menekankan percepatan transformasi ekonomi, peningkatan produktivitas nasional, serta penguatan sektor-sektor produktif.
“Kami sangat mengapresiasi penghargaan ini. Pencapaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus bergerak dengan semangat Sinergi Majukan Negeri, menghadirkan layanan terbaik, dan memperkuat peran Bank Mandiri sebagai penggerak utama perekonomian nasional,” tutup Yohan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement