Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

PGN Proyeksikan Konsumsi Gas pada Periode Nataru 2025/2026 Bakal Meningkat

PGN Proyeksikan Konsumsi Gas pada Periode Nataru 2025/2026 Bakal Meningkat Kredit Foto: Rahmat Dwi Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memproyeksikan lonjakan kebutuhan gas dari konsumen menjelang perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Kenaikan ini dipicu bertambahnya pelanggan kecil, komersial, industri, serta pengguna bahan bakar gas (BBG).

Corporate Secretary PGN, Fajriyah Usman, menyatakan jumlah pelanggan kecil, komersial, dan industri pada periode Nataru 2025 diperkirakan meningkat 7,3 persen menjadi 6.179 pelanggan, dibanding 5.760 pelanggan pada Nataru 2024.

Dari sisi konsumsi BBG, PGN juga memprediksi kenaikan signifikan. Konsumsi pada periode Nataru 2025 diproyeksikan mencapai 24.800 liter setara premium (LSP) atau meningkat 34,7 persen dibanding periode Nataru 2024 yang sebesar 18.416 LSP.

Baca Juga: PGN Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Dukungan Energi untuk Program MBG Dapat Pengakuan

“Kami telah memitigasi dan memastikan keandalan seluruh SPBG kami dan juga MRU atau Mobile Refueling Unit yang dikelola anak perusahaan untuk keamanan para pengendara yang menggunakan bahan bakar gas,” ujar Fajriyah dalam Media Briefing Satgas Nataru Pertamina di Jakarta, Rabu (26/11/2025).

Saat ini, PGN mencatat memiliki lebih dari 817.000 pelanggan. Jumlah itu terdiri dari 3.334 pelanggan komersial dan industri, 2.845 pelanggan kecil, serta lebih dari 800.000 pelanggan rumah tangga. PGN juga menyalurkan gas bumi ke pembangkit listrik, termasuk PLN Group, melalui jaringan pipa sepanjang lebih dari 34.000 kilometer, 16 SPBG, MRU, dan tiga terminal LNG.

Menjelang Nataru 2025, PGN mengaktifkan tim Satgas Nataru yang terintegrasi dengan Pertamina Group untuk menjaga keandalan pasokan. “Menjelang periode Nataru tahun 2025 ini kami telah melakukan berbagai upaya pengamanan dan memastikan kehandalan tersebut melalui tim Satgas Nataru yang juga bergabung dengan tim Satgas dari Pertamina Grup,” tambah Fajriyah.

Baca Juga: Dorong Efisiensi Energi Nasional, PGN Genjot Pemanfaatan CNG

PGN juga meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan melalui berbagai kanal untuk mempercepat penanganan masukan dan keluhan. Sistem monitoring tekanan jaringan dilakukan secara real time oleh PGN Group.

Selain itu, PGN memperkuat tim penanganan gangguan yang siaga 24 jam guna memastikan seluruh infrastruktur dan pasokan gas rumah tangga berjalan lancar dan aman. “Antisipasi gangguan suplai gas telah kami mitigasi setelah memastikan seluruh suplai dapat berjalan dengan baik dari para pemasok kami. Penguatan keamanan juga kami terus lakukan bersama aparat penegak hukum,” tutup Fajriyah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: