Jelang NATARU 2025–2026, Pos Indonesia Perkuat Armada dan Operasional hingga Distribusi Bantuan Bencana Sumatera
Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
PT Pos Indonesia (Persero) memastikan kesiapan penuh armada kendaraan dan operasional nasional dalam menghadapi lonjakan kiriman pada periode Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2025–2026.
Seluruh unit operasional diinstruksikan untuk menyiapkan kendaraan angkut, memastikan kelayakan teknis, serta mengoptimalkan kapasitas linehaul dan kendaraan last-mile untuk mengantar paket agar layanan tetap cepat, tepat, dan tanpa hambatan.
Pada apel kesiapan NATARU yang dilaksanakan secara serentak di Kantor Pusat Jakarta, Bandung, seluruh Kantor Pos di seluruh Indonesia, manajemen menegaskan bahwa tahun ini Pos Indonesia melakukan penguatan signifikan pada armada operasional.
Seluruh kendaraan didata ulang, dicek kelayakannya, dan ditingkatkan kapasitasnya melalui tambahan armada pendukung. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kiriman e-commerce, pengiriman musim liburan, dan peningkatan aktivitas transaksi masyarakat di akhir tahun.
Plt Direktur Utama Pos Indonesia, Haris, dan Direktur Human Capital Management, Asih Kurniasari Komar, seusai Apel meninjau War Room 24/7 sebagai pusat pengendalian nasional, yang terletak di Kantor Pusat di Bandung dan Kantor Regional 2 Jakarta. War Room akan memonitor pergerakan kiriman dan kondisi armada secara real-time, memastikan tidak ada hambatan dalam alur distribusi.
Haris juga menegaskan bahwa pemantauan khusus dilakukan terhadap kiriman bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat, yang saat ini sedang disalurkan melalui Pos Indonesia secara gratis. Melalui sistem monitoring terpusat, War Room memastikan seluruh bantuan tiba tepat waktu, aman, dan tidak mengalami hambatan distribusi.
“Kecepatan dan ketepatan pengiriman adalah kepercayaan. Karena itu kami memperkuat linehaul, armada lastmile, dan seluruh jalur distribusi agar masyarakat mendapatkan layanan terbaik sepanjang musim liburan, termasuk untuk pengiriman bantuan bencana,” ujar Haris, Selasa (9/12/2025).
Baca Juga: Pos Indonesia Gratiskan Pengiriman Bantuan ke Aceh, Sumut, dan Sumbar hingga 8 Desember 2025
Untuk memperkuat kualitas distribusi paket, Pos Indonesia meningkatkan koordinasi operasional end-to-end, mulai dari proses sortir, linehaul, hingga pengantaran lastmile. Penggunaan teknologi seperti mesin sortir robotic dan RFID dioptimalkan untuk mempercepat proses dan meminimalkan kesalahan. Dengan langkah ini, perusahaan memastikan setiap paket tiba tepat waktu, termasuk di wilayah dengan peningkatan volume kiriman yang signifikan.
Di lapangan, kesiapan petugas pengantar juga menjadi fokus utama. Pos Indonesia memastikan seluruh petugas didukung dengan perlengkapan yang memadai, rute yang terukur, dan standar kerja yang konsisten. Interaksi layanan yang ramah, akurat, dan profesional diutamakan agar pelanggan merasakan kualitas layanan yang semakin baik selama puncak liburan.
Untuk menjaga kelancaran layanan sepanjang periode libur panjang, Pos Indonesia memastikan armada dan jaringan operasional siap penuh, khususnya di kota-kota dengan aktivitas tertinggi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Batam. Dengan kesiapan ini, Pos Indonesia berkomitmen menghadirkan layanan pengiriman yang aman, cepat, dan dapat diandalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia selama momen Natal dan Tahun Baru.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat
Advertisement