Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dirut dan Jajaran Direksi Bank Mandiri Pimpin Langsung Penanganan Bencana dan Pastikan Bantuan di Sumatera Tepat Sasaran

Dirut dan Jajaran Direksi Bank Mandiri Pimpin Langsung Penanganan Bencana dan Pastikan Bantuan di Sumatera Tepat Sasaran Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Mandiri memperkuat dukungan dalam penanganan bencana di wilayah Sumatera melalui program Mandiri Tanggap Bencana. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya perseroan untuk mendampingi masyarakat yang terdampak guna memastikan respons kemanusiaan dapat dilakukan secara cepat dan terkoordinasi. Fokus utama dari program ini adalah penyaluran bantuan yang efektif agar tepat sasaran sesuai kebutuhan di lapangan.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap tanggung jawab sosial, Bank Mandiri aktif mengambil peran dalam penanganan bencana di berbagai titik di Sumatera. Langkah tersebut diwujudkan melalui aksi kemanusiaan yang terencana dan berkelanjutan untuk membantu proses pemulihan. Partisipasi aktif ini dimaksudkan untuk memberikan dampak langsung bagi warga yang sedang menghadapi situasi darurat.

Terhitung sejak akhir November hingga pertengahan Desember 2025, Bank Mandiri telah mendistribusikan lebih dari 73.000 paket bantuan ke wilayah terdampak di Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Penyaluran bantuan logistik ini menjadi bukti nyata peran perseroan dalam mendukung masyarakat agar dapat segera bangkit dari masa sulit.

Baca Juga: Bank Mandiri Salurkan Lebih dari 82.000 Paket Bantuan ke Sumatera

Konsistensi ini menegaskan komitmen Bank Mandiri untuk terus hadir, bergerak cepat, dan memberikan dampak nyata bagi pemulihan masyarakat di wilayah bencana. Sebagai bagian dari peran strategis mendukung upaya pemerintah dalam meringankan beban warga terdampak, Bank Mandiri kembali menyalurkan tambahan paket bantuan ke Aceh pada Rabu (17/12).

Penyaluran bantuan ini merupakan tahap ke-10 yang dilakukan Bank Mandiri secara terukur. Dalam tahap ini, bantuan dialokasikan sebanyak 5.000 paket untuk Aceh Tamiang, 2.000 paket untuk Aceh Selatan, dan 2.000 paket untuk Kabupaten Gayo Lues.

Untuk memastikan proses distribusi berjalan optimal dan tepat sasaran, Direktur Utama Bank Mandiri Riduan bersama jajaran Direksi Bank Mandiri turun langsung memberikan arahan sekaligus memimpin koordinasi penyaluran bantuan kemanusiaan tersebut.

Pada tahap distribusi ini, Bank Mandiri mengerahkan 10 truk bantuan sebagai bagian dari total 30 truk yang telah disiapkan untuk penyaluran bertahap dalam beberapa hari ke depan. Armada bantuan tersebut akan menjangkau sejumlah wilayah terdampak, termasuk Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Lebih lanjut, koordinasi ini diperkuat oleh keterlibatan aktif relawan internal karyawan Bank Mandiri atau yang dikenal Mandirian dari lintas unit kerja maupun wilayah penempatan. Tergabung dalam Relawan BUMN Peduli, para Mandirian siap menjadi garda terdepan dalam memastikan bantuan tersalurkan dengan cepat, aman, dan memberikan harapan baru bagi masyarakat Aceh yang terdampak bencana.

“Mandirian Tanggap Bencana yang pernah terlibat dalam penanganan tsunami Aceh serta gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi di Palu kembali kami aktifkan. Dengan pengalaman tersebut, relawan akan diberangkatkan langsung ke Aceh untuk mendukung penyaluran bantuan dan pendampingan di lapangan,” terang Riduan saat melepas armada bantuan dan relawan Mandiri Tanggap Bencana di Medan, Rabu (17/12).

Selain penyaluran bantuan, bank berlogo pita emas ini juga mendirikan posko-posko BUMN Peduli Tanggap Bencana di wilayah terdampak, masing-masing berlokasi di Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Selatan. Posko tersebut dilengkapi dengan dapur umum serta fasilitas pendukung untuk layanan pendidikan, kesehatan, psikososial, genset listrik, dan akses internet.

Riduan memastikan seluruh proses distribusi berjalan optimal serta selaras dengan kebutuhan di lapangan.

“Dalam kondisi darurat, kecepatan dan ketepatan distribusi menjadi kunci. Karena itu, Bank Mandiri memastikan seluruh bantuan disalurkan melalui koordinasi yang solid dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait termasuk Danantara,” lanjut Riduan.

Upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen Bank Mandiri dalam menjaga kesiapan penyaluran bantuan di berbagai wilayah terdampak bencana, sejalan dengan implementasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang menjangkau sejumlah daerah di Sumatera. Melalui sinergi bersama pemerintah pusat dan daerah, BPBD, aparat setempat, Mandiri Amal Insani (MAI), serta relawan karyawan Bank Mandiri (Mandirian), perseroan memastikan setiap bantuan dapat disalurkan secara efektif dan akuntabel.

Baca Juga: Sambut Nataru, Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan Mitra Usaha

Riduan menambahkan, ke depan Bank Mandiri menegaskan komitmennya untuk terus mendampingi masyarakat terdampak melalui langkah-langkah pemulihan pascabencana yang terukur dan berkelanjutan meliputi bantuan fisik, revitalisasi lingkungan, sarana pendidikan dan rumah ibadah yang terdampak bencana.

Selain dukungan kemanusiaan, Bank Mandiri juga menyiapkan dukungan relaksasi pembiayaan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bagian dari upaya membantu meringankan beban dan mendukung pemulihan aktivitas masyarakat secara bertahap.

“Kami menyampaikan empati yang mendalam kepada seluruh masyarakat yang terdampak bencana. Melalui Mandiri Tanggap Bencana, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus hadir mendampingi warga, sekaligus memperkuat sinergi dengan pemerintah agar penanganan darurat hingga proses pemulihan sosial dapat berjalan lebih cepat dan terkoordinasi,” pungkas Riduan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: