Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpar Gandeng Baidu Promosikan Destinasi Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Baidu, perusahaan berbasis teknologi dan media terkemukan, hari ini ditetapkan sebagai salah satu mitra Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam meningkatkan edukasi tentang keelokan pariwisata Indonesia di mata masyarakat Tiongkok. Kemitraan ini menjadi penting dan strategis menimbang masih rendahnya minat wisatawan Tiongkok untuk mengunjungi Indonesia, sementara dari sisi jumlah wisatawan maupun belanja yang dilakukan selama kunjungan ke luar negeri, wisatawan Tiongkok saat ini menduduki peringkat teratas dunia.

"Jumlah wisatawan Tiongkok yang melakukan kunjungan ke luar negeri dari tahun ke tahun terus memperlihatkan tren peningkatan yang signifikan. Di tahun 2015, jumlah wisatawan Tiongkok yang bepergian ke luar negeri bahkan mencapai lebih dari 100 juta orang. Bagi Indonesia, tingginya minat masyarakat Tiongkok untuk melakukan perjalanan ke luar negeri merupakan potensi besar yang harus digarap secara strategis agar target untuk dapat mendatangkan 10 juta wisatawan Tiongkok di tahun 2019 dapat tercapai atau bahkan terlampaui," Ujar Arief Yahya Menteri Pariwisata Republik Indonesia dalam pers rilis yang diterima Redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Arief menambahkan, dukungan mitra yang mampu membantu meningkatkan edukasi kepada wisatawan Tiongkok terhadap pariwisata Indonesia sangat diperlukan, mengingat Tingkat ketertarikan mereka untuk mengunjungi Indonesia masih rendah. Di tahun 2015 wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia mencapai 1,1 juta orang,. Angka yang relatif kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan wisatawan Tiongkok yang berwisata ke luar negeri.

"Melihat profil wisatawan Tiongkok yang mayoritas di bawah 45 tahun dan 83% menjadikan informasi berbasis internet sebagai salah satu referensi utama dalam menentukan destinasi wisata, kami memutuskan untuk menggandeng Baidu, perusahaan teknologi terkemuka berbasis di Tiongkok, sebagai mitra Kementerian Pariwisata dalam meningkatkan penyebaran informasi dan edukasi tentang keindahan Indonesia di Tiongkok. Posisi kepemimpinannya serta besar jumlah pengguna Baidu di Tiongkok, menjadi salah satu pertimbangan utama kami dalam membangun kemitraan ini dengan baidu," Tambahnya.

Kemitraan yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan serta ketertarikan wisatawan Tiongkok terhadap Indonesia ini juga disambut penuh antusias oleh Baidu.

Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia Mengatakan, "Kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata kepada Baidu sungguh membanggakan kami. Baidu saat ini memiliki 600 juta pengguna di Tiongkok. Kami juga merupakan perusahaan mesin pencari nomer satu di Tiongkok dengan pangsa pasar lebih dari 79%, dan salah satu produk kami Baidu Travel, merupakan salah satu platform perjalanan nomor satu di Tiongkok. Wisatawan Tiongkok Juga telah menjadikan Baidu Travel sebagai referensi utama di online dalam berwisata ke luar negeri. Ditambah dengan adanya fakta bahwa generasi baru wisatawan Tiongkok kini semakin mandiri dalam berwisata dan mereka pun kian mengandalkan informasi-informasi berbasis internet, makan kami sangat optimis kemitraan ini menciptakan sinergi positif dan kontributif terutama dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawwan asing ke Indonesia, Khususnya wisatawan Tiongkok". Kata Bao Jianlei.

Melalui Kemitraan Ini, Baidu juga berkontribusi dalam penyelenggraan serangkaian lokakara yang bertujuan untuk mengedukasi para penyedia informasi pariwisata Indonesia secara online, seperti biro perjalanan, pengelola destinasi, dan layanan penginapan. 

"Menyediakan informasi online yang informatif dengan gaya penyajian menarik sesuai perspektif masyarakat Tionghoa merpakan salah satu kunci penting dalam memikat mereka untk mengunjungi Indonesia. Sebab, mayoritas dari wisatawan Tiongkok akan menggunakan sumber-sumber informasi online sebagai referensi utam dalam menentukan destinasi yang hendak mereka kunjungi. Untuk itu, penting bagi kami untuk berbagi informasi seputar apa yang diharapkan oleh wisatawan Tiongkok dalam kunjungannya ke luar negeri, profil wisatawan Tiongkok, bagaimana strategi untuk menghadirkan pengalaman wisata yang mengesankan bagi Wisatawan, bagaimana membangun informasi online yang menarik sesuai kebutuhan mereka, beragam studi kasus, dan saran-saran penting lainnya yang bermanfaat bagi penyelenggara jasa biro perjalanan maupun penginapan," Tutupnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: