Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anas: Kinerja Pemerintah Tak Memuaskan, Elektabilitas Demokrat Turun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum angkat bicara soal perolehan suara Partai Demokrat (PD) versi hitung cepat (quick count) dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014.

Menurut Anas, perolehan suara Demokrat yang turun drastis disebabkan banyaknya kader yang terlibat kasus korupsi. Selain faktor kader yang tersangkut kasus korupsi, Anas juga menilai faktor kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono dinilai tidak memuaskan ekspektasi masyarakat.

"Pasti ada faktor itu (korupsi). Tetapi, yang utama adalah kerja pemerintah yang dianggap tidak memuaskan publik," kata Anas sebelum menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (11/4/2014).

Lebih lanjut, mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu mengatakan sejumlah lembaga survei sudah menunjukkan turunnya kepuasan publik atas pemerintah. Jadi, turunnya elektabilitas PD pada Pileg 2014 adalah sesuatu yang wajar.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan perolehan suara pada Pemilu 2009 yang mencapai angka 26,4% maka perolehan saat ini adalah sesuatu yang baik.

"Jadi, kalau Demokrat mendapatkan angka 9-10%, menurut saya, itu sudah luar biasa," tegasnya.

Seperti diketahui, beberapa lembaga survei menempatkan Partai Demokrat di posisi 4 atau 5. Seperti versi Cyrus-CSIS PD memperoleh 9,60%, versi Lembaga Indikator Politik Indonesia PD memperoleh 9,79 %, versi Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting PD mendapat 9,98%, dan versi Lingkaran Survei Indonesia PD meraih 9,72%.

(Boyke P. Siregar)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: