Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkes Temukan 150 Penderita Kusta di Asmat

Warta Ekonomi -

WE Online, Timika - Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai menemukan sebanyak 150 orang menderita penyakit kusta di Kampung Mumugu, Kabupaten Asmat, Papua.

Giyai mengatakan dari 150 penderita yang di temukan, 13 di antaranya sudah terobati dan dikatakan tuntas atau sembuh.

"Ibu Menteri sangat bangga dengan 13 pasien kusta yang sudah berobat dan dinyatakan sembuh. Diharapkan ke depan banyak pasien terobati," sampainya.

Bersamaan dengan kunjungan saat itu, Dinas Kesehatan Papua bersama Menkes juga mengecek pelaksanaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di daerah itu. Pengecekan dilakukan karena pelayanan BPJS Kesehatan masih menjadi konflik di masyarakat dan ada kendala di lapangan khususnya di Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Papua itu menjelaskan kebanyakan warga terkena kusta karena warga setempat belum memahami pola hidup sehat. Lebih dari satu orang menggunakan satu mata air dan satu handuk. Perawatan tubuh juga masih minim. Ke depan, Dinas Kesehatan Papua akan terus mendorong pengobatan pasien kusta di Mumugu. Diharapkan lewat pengobatan dan kesadaran yang diberikan, Mumuga dapat bebas kusta.

"Sosialisasi pola hidup sehat masyarakat serta perawatan tubuh akan terus dilakukan kepada masyarakat agar mereka sadar akan kebersihan," tegasnya.

Menkes berkunjung ke Kampung Mumugu karena kampung itu merupakan salah satu kampung binaan dari Menteri Nafsiah Mboi. Bukan hanya sekali saja kampung tersebut didatangi, namun sudah beberapa kali dikunjungi.

(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: