Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BEI: Pilpres Dorong Penguatan IHSG

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014 yang telah selesai dilaksanakan pada 9 Juli 2014 lalu rupanya direspons positif oleh para investor. Hal ini terlihat dengan melesatnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mencapai di atas level 5114. Selama tiga hari bertutut-turut indeks melaju di atas level 5000-an.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hoesen mengatakan bahwa dengan suksesnya pilpres yang berjalan dengan damai dan tentram maka hal tersebut mampu menciptakan suasana yang kondusif dan berhasil untuk mempertahankan kepercayaan para investor agar tetap melakukan transaksi di pasar modal dengan menginvestasikan dana segarnya.

"Indeks selama tiga hari ini naik terus. Kita optimis (indeks terus naik). Kedua kandidat saja optimis masak kita tidak optimis. Dua kali pemilihan sebelumnya aman. Jadi, sentimen positif itu ada," kata Hoesen di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Hoesen menambahkan jika dilihat dari proses berjalannya pilpres yang lancar tanpa hambatan itu maka hal tersebut membuat pasar semakin percaya untuk berinvestasi.

"Partisipasi luar biasa dari masyarakat harus diapresiasi sehingga menciptakan kepercayaan pasar," imbuhnya.

Hoesen menjelaskan bahwa meski penguatan IHSG ini turut didorong oleh bursa global, namun sentimen global tidak terlalu signifikan berimbas ke indeks.

"Kondisi secara global tidak ada yang luar biasa, tetapi dari aspek psikologis tadi membuat euforia pilpres menjadikan indeks membaik," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: