Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Piala Dunia: Brazil Tuai Cemoohan

Warta Ekonomi -

WE Online- Brazil mengakhiri Piala Dunia yang digelar di kandang sendiri dengan teriakan cemoohan pada Sabtu (Minggu WIB), ketika kesalahan-kesalahan di lini pertahanan membuat upaya mereka untuk meraih gelar dunia keenam mereka berakhir dengan bencana setelah kalah 0-3 dari Belanda pada pertandingan perebutan peringkat ketiga.

Dua bek tengah Thiago Silva dan David Luiz menjadi sosok yang bersalah saat Belanda mengemas dua gol dalam waktu 16 menit, memicu kekhawatiran terulangnya kekalahan memalukan 1-7 dari Jerman pada semifinal yang dimainkan pada Selasa, yang merupakan rekor baru untuk kekalahan mereka di Piala Dunia.

Kekalahan itu merupakan kekalahan kandang pertama Brazil di ajang kompetitif selama 39 tahun dan memicu tuntutan untuk melakukan banyak pergantian pemain, di mana pelatih Luiz Felipe Scolari disambut dengan cemoohan ketika namanya disebutkan sebelum pertandingan di Brasilia dimulai.

Scolari melakukan enam perubahan pada timnya untuk menghadapi Belanda sebagai upaya untuk memulihkan harga diri setelah hasil memalukan pada Selasa, namun kaptennya yang baru kembali Thiago Silva, kapten loyalnya, menjadi pemain yang patut disalahkan untuk gol pembukaan pada menit ketiga.

Pemain bertahan itu beruntung hanya mendapat kartu kuning dari wasit Aljazair Djamel Haimoudi karena menarik pemain sayap Arjen Robben, yang sedang berlari menuju gawang pada detik ke-90.

Kapten Brazil itu merupakan orang terakhir di pertahanan, meski pelanggaran itu kelihatannya terjadi sedikit di luar kotak penalti.

Dengan disaksikan para penggemar yang merasa tidak percaya, Van Persie mengeksekusi penalti untuk membungkam para pendukung tuan rumah di stadion dan di seluruh ibukota Brazil.

Tidak lama kemudian suara-suara negatif terdengar, setelah rekan duet Thiago Silva, David Luiz, melepaskan sundulan ke arah Daley Blind, yang memiliki waktu untuk melakukan dua sentuhan di dekat titik penalti sebelum melepaskan sepakan ke gawang Brazil pada menit ke-16.

Itu merupakan gol kesembilan yang bersarang di gawang Brazil pada 95 menit yang menimbulkan trauma dan kemarahan kembali terasa dari tribun penonton, di mana suara cemoohan kembali terdengar ketika kebanggaan tuan rumah kembali hancur.

Scolari melakukan beberapa perubahan saat turun minum ketika Brazil berusaha menemukan jalan untuk memperbaiki permainan, namun mereka hanya mendapat kesedihan ketika Oscar menjadi pemain pertama yang mendapat kartu kuning karena "diving" pada turnamen ini setelah berusaha mendapat hadiah penalti saat pertandingan tinggal menyisakan 20 menit.

Tuan rumah menikmati lebih banyak penguasaan bola pada babak kedua namun Belanda selalu mengancam saat melakukan serangan balik, dan mereka melengkapi kemenangan ini menjelang pertandingan usai ketika Georginio Wijnaldum berada dalam posisi tidak terkawal untuk menyambar umpan silang Daryl Janmaat. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: