Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan: Stok Daging Cukup Hingga Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono kembali menekankan kepada masyarakat untuk tidak perlu berlebihan atau panik dalam membeli kebutuhan pangan guna menghadapi hari besar keagamaan (lebaran), khususnya daging sapi.

"Karena stok saat ini (daging sapi) mencukupi hingga Lebaran nanti," kata Suswono di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Lebih jauh, Suswono menjelaskan stok daging sapi tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun lalu sehingga tidak ada alasan untuk masalah kekurangan stok hingga Lebaran nanti. Ia pun mengajak semua pemangku kepentingan untuk bisa menjaga agar tidak terjadi gejolak harga daging.

"Kalau tiba-tiba naik, kita panggil saja importir untuk diminta pertanggungjawabannya," tegasnya.

Terkait isu masuknya jeroan ilegal yang tidak semestinya masuk ke Indonesia, ia meminta beberapa pihak ikut mengawasi perdagangan jeroan sapi di Indonesia. Pasalnya, hanya beberapa jenis jeroan yang mendapat izin dagang di Indonesia. Pemerintah saat ini membatasi pemasukan jeroan sekitar 20% dan kategorinya hanya untuk jeroan hati dan jantung. Tidak termasuk paru, usus, ataupun babat.

"Kami masih melakukan pengecekan karena sekarang proses perizinan tersebut ranahnya berada di Kementerian Perdagangan. Kita di Kementan hanya sebatas memeriksa dan memastikan aspek kesehatan hewan," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: