Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Imbau Telco Jangan Sembarangan Gunakan Data Konsumen

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada operator perusahaan telekomunikasi (telco) agar tidak menyalahgunakan data pribadi konsumennya. Langkah ini merupakan upaya OJK dalam melindungi konsumen terkait penawaran produk jasa keuangan melalui sms atau telepon tanpa izin konsumen.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sri Rahayu Widodo menuturkan bahwa selama ini banyak sumber yang menjadi acuan bagi perusahaan jasa keuangan untuk menawarkan produknya.

"Salah satunya dari operator telekomunikasi. Karena itu bukan bagian dari pengawasan OJK, jadi kami melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) melalui BRTI," kata Sri akhir pekan lalu di Bandung.

Lebih lanjut, Sri menekankan agar masyarakat tidak mudah memberikan identitas diri kepada siapa pun. Misalnya, dalam memberikan nomor kontak di undian berhadiah yang banyak dilakukan di pusat perbelanjaan. Hal itu, menurut Sri, bisa saja dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penawaran produk jasa keuangan.

"Berhati-hatilah kalau mengisi undian di pusat belanja karena bisa dimanfaatkan oleh oknum," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: